Pelepasan Ekspedisi Ring of Fire oleh Wakapolri

Jakarta - Wakapolri Komjen Pol Drs Nanan Soekarna melepas kepergian tim Ring Of Fire di halaman Markas Polda Metro Jaya, Minggu (19/5).

Perjalanan ekspedisi mengendarai kendaraan roda dua itu diprakarsai Youk Tanzil beserta putranya, Giovani Tanzil. Bersama tim pendukung, mereka menjelajah sabuk api (ring of fire) di Seluruh Indonesia. Ini merupakan stage ketiga setelah stage pertama dan kedua Youk bersama timnya menjelajah Indonesia bagian timur.

Kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut dan memeriahkan peringatan ulang tahun Bhayangkara ke-67 dan bulan bhakti Polri tahun 2013.

Perjalanan bertujuan memperlihatkan dan mengeksplorasi latar belakang kondisi geografis Indonesia yang terletak di antara dua sabuk gunung berapi paling aktif di dunia, Sabuk Pasifik dan Sabuk Alpide. Karena itu, Indonesia menjadi negara yang memiliki risiko letusan gunung api yang tinggi.

Namun keberadaan ratusan gunung berapi sepanjang Ring of Fire Indonesia, juga membawa kekayaan budaya pada masyarakat di sekitarnya.

Polri terlibat dalam menyediakan sesi pelatihan safety riding bagi team RoFA. 
Hasil video safety riding akan diputar pada waktu off air activity di kota Palembang, Medan, Banda Aceh, dan Padang.

Selain itu tim Ring of Fire dan Polri juga mendokumentasikan kegiatan polisi di berbagai daerah seperti pengadilan adat - hukum negara yang diadaptasikan dengan hukum adat atau polisi sebagai mediator pengadilan adat yang berlokasi di Ambarita, Pulau Samosir.

Selain itu Polri juga akan melakukan bimbingan anti narkoba dan mendukung kegiatan polisi lalu lintas untuk menyosialisasikan safety riding, baik dalam teori maupun praktik. Satu tim dari Polri juga ikut serta dalam pendakian Gunung Kerinci.

“Polri mendukung penuh ekspedisi yang sangat penting untuk menebalkan rasa cinta nasionalisme dan memperkuat akar NKRI. Indonesia adalah negeri besar dengan berbagai budaya dan adat. Sebuah untaian indah zamrud khatulistiwa. Ekspedisi ini penuh dengan nilai luhur. Inilah yang membuat Polri ikut membantu persiapan dan perjalanan Ring of Fire stage ketiga ini,” jelas Nanan saat melepas kepergian tim Ring of Fire.

Perjalanan ini akan melintasi Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Banda Aceh, Padang dan Bengkulu, lalu dilanjutkan ke anyer hingga Krakatau dan berakhir di Monas, Jakarta. Perjalanan akan berakhir pada penghujung Juni mendatang.

Penulis: ANT

Sumber:Antara