Ilustrasi PNS.

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Abubakar, meminta seluruh pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan akun surat elektronik (email) resmi pemerintah dengan domain @pns.go.id, dalam urusan pekerjaan. Selain email pemerintah, PNS juga bisa menggunakan email dengan domain instansi masing-masing, yakni .go.id.

Hal tersebut didasarkan surat edaran MenPAN nomor 6 tahun 20013 yang dikeluarkan pada 27 Mei lalu.

Menurut Azwar, kebiasaan PNS menggunakan email nonpemerintah harus ditertibkan, seiring upaya percepatan reformasi birokrasi yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010.

Sebab, lanjutnya, penggunaan email resmi tersebut akan membantu merapikan dokumentasi birokrasi. Selain itu, penggunaan email resmi PNS juga akan lebih aman.

“Ini (penggunaan email nonpemerintah) berisiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara,” kata Azwar, Jumat (14/6).

"Nantinya, setiap PNS hanya diizinkan memiliki satu alamat email nasional pada pnsmail. Format email tersebut biasanya memuat namaPNS@pnsmail.goid dan layanan tersebut bisa diakses melalui www.pns.go.id," jelasnya.

Penulis: Ezra Sihite