Pasukan bermotor dari kepolisian mengikuti "Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2013" di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (30/7). Acara dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2013 itu tidak dihadiri Kapolri.

Jakarta - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna, memimpin gelar pasukan Operasi Ketupat 2013 terkait pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah, di Lapangan Monumen Nasional, Selasa (30/7).

Kegiatan gelar pasukan, dihadiri pejabat Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Kementerian Perhubungan, Pemda DKI Jakarta, dan ribuan personel gabungan.

"Melalui operasi ini, diharapkan terwujud keamanan, keselamatan dan ketertiban, ditandai menurunnya angka kecelakaan lalu lintas, titik macet, serta kelancaran lalu lintas. Selain itu, gangguan kamtibmas menjadi kondusif serta turunnya kriminalitas dibandingkan tahun lalu," ujar Nanan.

Dikatakan Nanan, Operasi Ketupat Jaya 2013 akan berlangsung selama dua pekan mulai 2 Agustus hingga 15 Agustus 2013. Jumlah anggota yang diturunkan se-Indonesia 146.145 personel dan ada 3558 pos pengamanan. Sementara untuk Polda Metro Jaya sebanyak 8.645 personel.

"Diharapkan para personel bisa menekan meningkatnya angka kecelakaan yang meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya," tambahnya.

Nanan menyampaikan, potret gangguan kamtibmas diprediksi masih akan terjadi. Diharapkan juga hal itu bisa menjadi kajian agar diantisipasi.

"Guna merealisasikan hal itu, Polri melakukan pengamanan dan mencari solusi serta langkah terobosan. Kami kerahkan all out 6000 personel Mabes Polri untuk mengamankan jalur pantura. Setiap 200 meter ada pos pengamanan. Diharapkan bisa memberikan pelayanan prima," tandasnya.

Lihat Juga Video Kawal Lebaran, Polda Metro Jaya Utus 8.400 Personel

Penulis: Bayu Marhaenjati