Pegawai Negeri Sipil

Jakarta - Sebagaimana kementerian/lembaga (K/L) lain, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2013 untuk tingkat (lulusan) S1, S2 dan S3. Disebutkan, jumlah formasi CPNS Kemenko Perekonomian yang dibutuhkan kali ini, secara keseluruhan adalah 67 orang.

Sekretaris Kemenko Perekonomian, Eddy Abdurrachman menjelaskan, pendaftaran dilaksanakan secara online melalui alamat situs http://rekrutmen.ekon.go.id, antara tanggal 9-23 September 2013. Dalam rekrutmen kali ini, pihaknya menurut Eddy, memberikan persyaratan antara lain yaitu pada 1 Desember 2013 pendaftar berusia antara 18-28 tahun untuk S1, 30 tahun untuk S2, serta 35 tahun untuk S3. Selain itu menurutnya, Kemenko Perekonomian juga memprioritaskan lowongan tersebut untuk putra daerah asli Papua.

"Penerimaan ini memberikan kesempatan kepada satu formasi khusus bagi putra/putri Papua, yakni yang salah satu orang tuanya asli Papua," ujar Eddy, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (6/9).

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan bahwa penyandang disabilitas juga dapat mengajukan lamaran CPNS di Kemenko Perekonomian, untuk jabatan penatausaha. Sementara terkait biaya, para pelamar lowongan CPNS menurut Eddy, dipastikan tidak dipungut biaya, namun panitia juga tak menanggung biaya transportasi maupun akomodasi peserta selama mengikuti seleksi penerimaan CPNS.

Eddy menegaskan lagi, panitia juga tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan secara langsung ke kantor Kemenko Perekonomian, serta tidak akan melayani korespondensi dalam bentuk apa pun. Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes sendiri menurutnya, akan ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar.

"Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS, dengan meminta imbalan tertentu, perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut," tegasnya.

Menurut Eddy, seleksi penerimaan itu sendiri akan melalui empat tahap, dengan sistem gugur. Prosesnya meliputi seleksi/verifikasi administrasi, serta tes kompetensi dasar (TKD) dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), mencakup tes wawasan kebangsaaan, intelegensi umum, karakteristik pribadi, serta tes kompetensi bidang (assessment). Eddy juga menyampaikan bahwa tes akan diadakan di kantor Kemenko Perekonomian, di Jalan Medan Merdeka Barat No.7, lantai 1, Jakarta.

Investor Daily

Penulis: WYU

Sumber:Investor Daily