Danau Toba, Sumatera Utara

Samosir - Satuan Polisi Perairan (Satpol Air) Polda Sumut mengamankan nakhoda Kapal Motor Yola dan Kapal Feri Tao Toba dalam musibah di balik kecelakaan saat perayaan Festival Danau Toba (FDT) di perairan Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (8/9) siang.

Kedua nakhoda kapal yang diamankan itu adalah Jeremi Manurung (64) nakhoda Kapal Feri dan Sandi Manurung nakhoda Kapal Motor Yola. Keduanya masih menjalani proses pemeriksaan atas kejadian kecelakaan kapal itu di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Ambarita di Samosir.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Samosir, AKBP Donny Damanik mengatakan, pemeriksaan terhadap kedua nakhoda kapal itu penting untuk mengungkap penyebab utama kecelakaan tersebut. Keduanya diperiksa masih dalam kapasitas sebagai saksi kejadian.

"Pemeriksaan masih sedang dilakukan. Hasil pemeriksaan akan dilaporkan nantinya. Bila memang ditemukan ada unsur kelalaian di balik musibah kecelakaan tersebut, tentunya akan diproses sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," katanya.

Donny mengatakan, polisi masih mencoba menyelidiki penyebab lain di balik kecelakaan tersebut. Polisi sedang mendata muatan kedua kapal sebelum meninggalkan pelabuhan. Polisi juga memintai keterangan dari sejumlah penumpang yang menjadi saksi melihat kejadian tersebut.

Suara Pembaruan

Penulis: 155

Sumber:Suara Pembaruan