Gubernur Banten, Hj Ratu Atut Chosiyah.

Serang - Pasca tertangkapnya suami Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, Tubagus Chaeri Wardana, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, yang merupakan kakak kandung Chaeri Wardana, tidak menghadiri dua acara penting, yakni grand launching RSUD Banten, Kamis (3/10) dan acara perayaan HUT Provinsi Banten ke-13, Jumat (4/10).

Kedua acara itu, pada awalnya diagendakan bakal dihadiri Gubernur Atut namun akhirnya diwakilkan oleh Wakil Gubernur Banten Rano Karno.

Pada acara grand launching RSUD Banten, Rano Karno selaku wakil gubernur bertindak mewakili Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah untuk meresmikan pengoperasian RSUD Banten. Hal serupa terjadi pada perayaan penting HUT Banten ke-13, hanya diwakilkan ke Wakil Gubernur Rano Karno.

"Yang saya tahu, beliau (Gubernur Atut-Red) sedang tidak enak badan atau sakit. Saya tidak tahu posisi gubernur ada di mana. Saya berkomunikasi dengan beliau hanya lewat blackberry messenger (BBM),” ujar Rano Karno singkat seusai rapat paripurna perayaan HUT Banten ke-13 di Kantor DPRD Banten, Jumat (4/10).

Memang, sejak tertangkapnya Tubagus Chaeri Wardana, Kamis (3/10) dinihari oleh KPK, awak media di Banten berusaha mencari keberadaan Gubernur Ratu Atut Chosiyah untuk dimintai konfirmasi.

Namun, para awak media tidak berhasil melakukan konfirmasi ke Gubernur Atut. Bahkan, ketika Atut sendiri secara resmi dicegah ke luar negeri oleh KPK, keberadaan Atut semakin sulit diketahui.

Berdasarkan pantuan pada acara rapat paripurna istimewa HUT Banten ke-13, di Kantor DPRD Banten, seluruh keluarga Atut tampak tidak hadir. Situasi ini berbeda sekali dengan perayaan HUT Banten pada tahun-tahun sebelumnya.

Keluarga Atut yang tidak hadir itu yakni Hikmat Tomet (suami Atut) yang saat ini sebagai anggota DPR dari Partai Golkar dan kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPR di dapil Serang dan Cilegon, Andika Hazrumy, (anak Atut) sebagai anggota DPD asal Banten, yang saat ini menjadi calon anggota DPR RI dari Partai Golkar di dapil Pandeglang dan Lebak.

Ade Rossi Kharunnisa (menantu Atut atau istri Andika Hazrumy) yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Serang dan juga calon anggota DPRD Banten dapil Kota Serang

Ratu Tatu Chasanah (adik kandung Atut) yang saat ini menjabat Wakil Bupati Serang, Tubagus Haerul Jaman (adik tiri Atut) yang saat ini menjabat Wali Kota Serang.

Sedangkan, Airin Rachmi Diany (adik ipar gubernur Banten atau istri tersangka Tubagus Chaeri Wardana) yang merupakan Wali Kota Tangsel, sedang berada di Amerika Serikat.

Bahkan, dalam acara paripurna istimewa HUT Banten, juga banyak pejabat eselon dua Pemprov Banten yang tidak hadir.

Penulis: 149/FER

Sumber: Suara Pembaruan