Padi Hemat Air Dikembangkan di Lampung Selatan

Ilustrasi padi di sawah (Antara/M.Ali Khumaini)

Oleh: | Kamis, 2 Oktober 2014 | 12:39 WIB

Kalianda - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengembangkan budidaya tanaman padi hemat air untuk meningkatkan produksi para petani di daerah setempat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Sutono mengatakan bahwa saat ini pemerintah dan petani mendapatkan tantangan, terutama kendala lahan dan pengairan yang terbatas.

"Hal ini karena adanya laju alih penggunaan lahan pertanian, maupun semakin kecilnya sumber air yang ada," katanya di Kalianda, Kamis (2/10).

Penanaman padi hemat air dengan menggunakan metode System of Rice Intensification (SRI) organik ini sangat diperlukan oleh para petani. Metode tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produksi pertanian.

Sutono mencontohkan, panen petani masyarakat Desa Sidoasri, Kecamatan Candipuro mendapatkan dua keuntungan, yakni menuai hasil panen sekaligus juga mendapatkan ilmu baru dalam hal budidaya tanaman padi.

"Kami berharap kepada petani sebagai pelaku utama untuk melakukan terobosan dengan membuat dan memanfaatkan potensi bahan yang berada di lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Selain itu, program ini akan memberikan inspirasi dan motivasi untuk bekerja lebih giat guna meraih hasil yang lebih baik.


Sumber: Antara
ARTIKEL TERKAIT