Polisi Militer Koarmabar Diresmikan

Polisi Militer Koarmabar Diresmikan
Personel TNI AL mengikuti apel pasukan pengamanan Peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) di Mako Koarmabar Jakarta, 18 April 2015. ( Foto: Antara/Wahyu Putro A )
Yeremia Sukoyo / MUT Jumat, 10 Juli 2015 | 09:37 WIB

Jakarta - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A Taufik meresmikan Polisi Militer (POM) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) di Mako Armabar, Gunung Sahari, Jakarta‎, Jumat (10/7). Peresmian Polisi Militer Koarmabar tersebut mengacu pada peraturan Panglima TNI No 14 Tahun 2015 Tanggal 11 Juni 2015 tentang validasi organisasi dan tugas Polisi Militer Koarmabar.

Peresmian Polisi Militer Koarmabar ditandai dengan pernyataan peresmian dan penyerahan tongkat komando kepada Komandan Polisi Militer Koarmabar Kolonel Laut (PM) Nazali Lempo. Sebelum diresmikan menjadi POM Koarmabar, di jajaran Koarmabar sebelumnya diwadahi dengan Satuan Kerja Dinas Provost Koarmabar yang sesuai nama dan tanggung jawabnya memiliki keterbatasan dalam kewenangan tertentu.

Dengan berdirinya POM Koarmabar, maka POM Koarmabar memiliki kewenangan dan tanggung jawab penuh dan penegakan ketertiban dan disiplin prajurit. Taufik menegaskan, POM Koarmabar merupakan eselon pelaksana pusat Koarmabar yang berkedudukan langsung dibawah Pangarmabar.

"Komandan POM Koarmabar memiliki tugas melakukan penegakan hukum, penyidikan, pengamanan fisik, ketertiban dan displin prajurit, mengawasi secara langsung terhadap pelaksanaan kegiatan dan operasi kepolisian militer yang dilaksanakan oleh Pomal kewilayahan," kata Taufik.

Fungsi lainnya adalah  melaksanakan pembinaan personel, material khusus dan pembinaan teknis kepolisian militer; menyediakan kekuatan untuk pelaksanaan fungsi kepolisian militer dalam rangka operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE