Investor Rusia Tertarik Bangun Jalur KA Medan-Danau Toba

Investor Rusia Tertarik Bangun Jalur KA Medan-Danau Toba
Ilustrasi ( Foto: Beritasatu.com/Danung )
Arnold H Sianturi / FER Selasa, 19 Juli 2016 | 20:58 WIB

Medan - Investor asal Rusia tertarik untuk membangun jalur rel kereta api (KA) dari Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi - Pematangsiantar sampai ke kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

"Ada lima orang calon investor dari Rusia yang datang," ujar Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut-Aceh, Rapino Situmorang, di Medan, Selasa (19/7).

Rapino mengatakan, lima orang calon investor asal Rusia itu, dengan menumpang kereta api Siantar Express sedang melakukan survei jalur kereta api tersebut.

"Pembangunan jalur kereta ini sangat mendukung pengembangan wisata Danau Toba dan lainnya. Mereka melakukan survei dan didampingi Deputi Vice President Divre 1 Sumatera Utara Takdir Santoso," katanya.

Seperti yang diketahui, PT Kereta Api Indonesia mengungkapkan, pihaknya akan membangun jalur kereta dari Medan sampai ke Danau Toba. Ini dilakukan untuk mendorong pembangunan daerah, dan membangkitkan pariwisata.

Jalur kereta uang akan dibangun itu melalui rute Medan - Kualanamu - Marjandi Raya - dan Tiga Ras di Kecamatan Dolok Pardamean. Bahkan, PT KAI sudah melakukan pengecekan dan pengukuran lokasi.

Kepala Bappeda Simalungun, Janwanner Saragih menyampaikan, jalur kereta yang rencananya dibangun itu sepanjang 170 kilometer (km). Pembangunan itu rencananya dimulai pada tahun 2017.

"Juga akan dibangun terminal penampung calon penumpang di di Pondok Mainu, stasiun Marjandi Embong, Bulu Pange Merek Raya, Raya dan langsung ke Dolok Sipigul Sipintuangin, Kecamatan Dolok Pardamean," jelasnya.

Ditambahkan, kawasan Pondok Genteng eks kebun Bridgestone di Kecamatan Tapian Dolok, yang akan dijadikan sebagai stasiun connecting. Pihaknya membantu untuk melakukan pelepasan lahan untuk pembangunan jalur rek tersebut.

Sumber: Suara Pembaruan