PKS Buka Posko untuk Gempa Aceh

Dampak gempa di Aceh, 7 Desember 2016. (AFP)

Oleh: Markus Junianto Sihaloho / FMB | Rabu, 7 Desember 2016 | 13:45 WIB

Jakarta - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendorong solidaritas kemanusian dari seluruh warga bangsa untuk membantu korban gempa di Pidie Jaya, Aceh. PKS juga berpartisipasi dalam penanggulangan bencana dengan mendirikan Posko.

"Mari kita galang solidaritas, minimal kita doakan saudara-saudara kita di Aceh, kita himpun donasi, serta kita kirimkan bantuan materi maupun tenaga sesuai kemampuan," kata Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, Rabu (7/12).

"Kader-kader dan struktur PKS juga telah diinstruksikan untuk membuka posko bantuan di lokasi, dan Alhamdulillah PKS sudah mendirikan 'Posko PKS Aceh Peduli'."

Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya merasa duka cita untuk masyarakat Aceh, utamanya yang terdampak gempa.

Fraksi PKS, lanjut Jazuli, meminta pemerintah untuk segera melakukan tanggap darurat dengan prioritas menyelamatkan korban jiwa. Prioritas tempat penampungan lengkap dengan kebutuhan tanggap darurat harus segara disiapkan dan didatangkan.

"Tempat penampungan lengkap dengan dokter, paramedis, obat-obatan, makanan dan minum, selimut dan lain-lain serta pakaian tentu harus menjadi prioritas penanganan. Selain alat-alat berat yang harus segera didatangkan untuk membuka akses penyelamatan dan bantuan," ulasnya.

Anggota Komisi I ini juga meminta kerjasama sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sebab penanggulan bencana harus cepat dan tanggap. Untuk itu harus ada kerjasama yang sinergis antara pemerintah pusat dan daerah, juga antara BNPB dan BPBD. "Jangan saling lempar tanggung jawab agar prioritas penyelematan korban bisa dilakukan dengan cepat dan efektif," tandasnya.






Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT