Pasangan HM Mawardi-Herson unggul berdasarkan versi perhitungan cepat (quick count) Indo Survey & Strategy (ISS) terkait hasil suara di Pemilihan Kepala Daerah (Pemilu Kada) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (13/11).

Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kapuas itu melampaui pasangan calon lainnya, Ben Brahim S Bahat-Muhajirin dan Surya Darma-H Taufik.

Versi quick count ISS memaparkan pasangan HM Mawardi-Herson meraih 49,08% suara, Ben Brahim S Bahat-Muhajirin mendapatkan 44,79% suara, dan Surya Darma-H Taufik sebesar 6,13%.

Perolehan suara itu dihitung berdasarkan data yang masuk sebesar 83% hingga pukul 18.00 WIB dengan tingkat partisipasi 62,86% dan golput 35.50%.

Hasil tersebut, sesuai prediksi Indo Survey sebelumnya yang menyatakan pasangan HM Mawardi-Herson akan unggul dari pasangan lain.

Direktur Eksekutif Indo Survey & Strategy Hendrasmo menyatakan hasil quick count yang dilakukan pihaknya telah menunjukan kemenangan diraih oleh pasangan petahana (incumbent) itu.

"Meski tetap menunggu hasil resmi KPU Kapuas, tapi dari quick count ini sudah terlihat pasangan HM Mawardi-Herson muncul sebagai pemenang," ulas Hendrasmo dalam keterangan persnya, Selasa (13/11).

Kemenangan HM Mawardi-Herson, lanjut Hendrasmo, selain karena didukung  oleh partai besar seperti PDI Perjuangan dan Partai Demokrat, juga karena faktor prestasi yang selama ini ditoreh HM Mawardi sebagai Bupati Kapuas.

"Salah satu penentu kemenangan pasangan incumbent ini, dari hasil survei lapangan kami, karena selama menjabat sebagai Bupati Kapuas, Mawardi dinilai berprestasi," ujar peneliti ISS.

Tolok ukur prestasi Mawardi yang membuat masyarakat kembali memilihnya, menurut Hendrasmo, di antaranya adalah pembangunan Pelabuhan Batanjung yang kini   telah dimulai.

"Pembangunan pelabuhan itu diproyeksikan akan menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu, selama ini Kabupaten Kapuas juga dikenal sebagai lumbung padi Provinsi Kalteng. Di bidang administrasi pemerintahan, Kabupaten Kapuas juga pernah menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas prestasi pelayanan publiknya," jelasnya.

Pemilu kada Kabupaten Kapuas dilangsungkan Selasa (13/11) dan diikuti tiga pasang calon. Pasangan HM Mawardi dan Herson adalah pasangan petahana.

Selanjutnya, pasangan Ben Brahim S Bahat-Muhajirin, di mana Ben adalah Kepala Dinas PU Pemprov Kalteng. Sedangkan Muhajirin adalah Sekda Pulang Pisau. Pasangan ini didukung Partai Golkar, Partai Pelopor, dan Partai Persatuan Daerah (PPD). Sedangkan kandidat lain adalah pasangan Surya Darma dan H Taufik dengan kendaraan PPRN.

Pesta demokrat ini diikuti sekitar 250 ribu pemilih yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Penulis: