Ilustrasi tanah longsor
Dalam peristiwa tersebut, dua rumah warga tertimbun.

Longsor menyebabkan tiga orang dalam satu keluarga meninggal dunia di Sei Ipuh, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), pada Selasa dinihari (25/12) sekitar pukul 01.30 WIB. Dalam peristiwa tersebut, dua rumah warga tertimbun.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Mukhnizen menyebutkan, ketiga korban longsor itu, yakni Nurbaiti (60), Yosi Fitri (12) dan Tri Yulia (8), telah divisum di Puskesmas Batang Limpawuang, Kecamatan KPGD.

"Ketiga korban meninggal di TKP (tempat kejadian perkara). Saat ini disemayamkan di rumah duka milik keluarga Syamsul Basri di Sei Ipuh, Nagari Pakan Rabaa Tangah," katanya, Selasa (25/12), melalui pesan singkatnya.

Sementara sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, juga menginformasikan bahwa hujan deras yang terjadi merata di Sumbar pada Senin (24/12), telah menyebabkan longsor di Kabupaten Solok Selatan, Pasaman, Agam, dan di Kabupaten Tanah Datar.

Khusus di Solok Selatan, menurut Sutopo, longsor yang terjadi pada Selasa (25/12) dinihari pukul 01.30 WIB, menimpa rumah penduduk sehingga menyebabkan tiga orang meninggal. Dalam kejadian itu, mertua Syamsul Basri si pemilik rumah, beserta dua anaknya, dilaporkan tertimbun bongkahan tanah serta dinding kamar yang terbuat dari batako.

Sementara itu, bencana lainnya pada Senin sore, yaitu berupa banjir dan longsor, dilaporkan terjadi di Lambah Tabiang, Jorong Batu Badindiang Selatan, Nagari Limo Koto, Kec. Bonjol, Pasaman. "Untungnya (di situ) tidak ada korban jiwa," kata Sutopo.

Dalam kejadian tersebut, dilaporkan sebanyak 15 rumah terendam banjir dan longsor, serta sedikitnya 15 jiwa mengungsi. BPBD Pasaman sendiri sejauh ini disebutkan masih melakukan pendataan.

Lalu di Kabupaten Agam, longsor diketahui terjadi di Palupuh dan Tanah Sirah, Koto Malintang, Maninjau. Longsor di daerah ini tercatat merobohkan pohon-pohon hingga ke jalan, meski untungnya tidak ada korban jiwa.

Sedangkan di Kabupaten Tanah Datar, akibat hujan deras pada sore harinya, telah terjadi pula longsor dan pohon bertumbangan, setidaknya di tiga titik di Koto Alam, Padang Gantiang, dan empat titik di Taratak VIII Atar, Padang Gantiang. Untungnya pula tidak ada korban jiwa, sementara BPBD Tanah Datar sedang bekerja di lokasi.

Penulis: /SES