Tim Densus 88 saat melakukan pengakapan teroris di Poso, Sulawesi Tengah. FOTO: AFP PHOTO / OLAGONDRONK
Saluran air di depan pasar diperiksa dengan menggunakan pendeteksi logam.

Pasukan Brimob Polda Sulawesi Tengah menyisir wilayah di sekitar Pasar Sentral, Kabupaten Poso, usai penemuan bom rakitan pada pagi ini.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Dewa Parsana di Palu mengatakan, penyisiran dilakukan guna mengantisipasi adanya benda mencurigakan lain yang bisa membahayakan masyarakat.

Polisi memeriksa saluran air di depan Pasar Sentral di Jalan Pulau Sumatera dengan menggunakan alat pendeteksi logam. Selain itu, setiap sudut pasar yang jarang dilalui masyarakat juga tak luput dari pengawasan polisi.

Sementara itu, sejumlah kendaraan yang melintas di depan pasar terbesar di Kabupaten Poso itu juga tak diperiksa petugas. Setiap kendaraan yang melintas diperiksa identitas pengemudi dan penumpang, sedangkan barang bawaan di bagasi diperiksa menggunakan "metal detector".

Kapolda mengatakan sejauh ini tim gegana tidak menemukan barang mencurigakan pascapenemuan bom di depan Pasar Sentral Poso. Dia juga belum mengidentifikasi pelaku yang meletakkan bom rakitan tersebut. "Kita masih terus dalami dan meningkatkan kewaspadaan," katanya.

Saat ini bom rakitan yang telah diurai itu masih berada di Mapolres Poso guna penyelidikan lebih lanjut. Ia melanjutkan, suasana Natal di Kabupaten Poso berjalan kondusif dan aman.

Penulis:

Sumber:Antara