Ilustrasi Pendaftaran Partai Pada Pemilu 2014.

Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten mengusulkan penambahan daerah pemilihan (Dapil)  untuk  DPRD Banten pada pemilu 2014 mendatang.  

Jika pada Pemilu 2009 lalu, Dapil untuk DPRD Banten sebanyak enam dapil, maka pada pemilu 2014 diusulkan ditambah menjadi 10 dapil.

Usulan penambahan jumlah dapil tersebut berdasarkan kesepakatan antara KPU  Banten dengan partai politik calon peserta pemilu tahun 2014 tingkat Provinsi Banten.

"Kami akan segera mengusulkan ke KPU Pusat, terkait usulan dapil. Ada 10 dapil yang sudah disepakati,"  jelas anggota KPU Banten Lukman Hakim,  di Serang,  Kamis, (28/2).

Menurut Lukman, usulan 10 dapil itu merupakan hasil dari uji publik yang telah dilakukan KPU kab/kota se-Banten.
"Kami hanya mengusulkan. Nanti yang menetapkan dan menyebutkan nomor dapil yakni KPU Pusat," jelasnya.

Lukman menjelaskan KPU Pusat sendiri menjadwalkan penetapan dapil pada 1-9 Maret mendatang. Pengusulan dapil ini menurutnya, mengacu pada Peraturan KPU No 5/2013 tentang Tata Cara Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi Setiap Dapil Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum 2014 dengan memperhatikan cakupan wilayah yang sama.

Dapil yang diusulkan mengalami perubahan  yakni  wilayah Kabupaten dan Kota Tangerang. Kedua wilayah ini dimekarkan sehingga menjadi empat dapil.

"Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang memiliki jumlah kursi lebih dari 12 kursi. Sesui ketentuan, maka harus dimekarkan tetapi tetap dalam cakupan wilayah yang sama," jelasnya.

Secara lengkap usulan dapil itu terdiri atas Dapil Kota Serang sebanyak 5 kursi, Kabupaten Serang 12 kursi, Kota Cilegon 3 kursi, Kabupaten Tangerang A 10 kursi, Kabupaten Tangerang B 11 kursi, Kota Tangerang A sebanyak 8 kursi, Kota Tangerang B yakni 6 kursi, Lebak 9 kursi, Pandeglang 10 kursi, dan Tangerang Selatan Selatan sebanyak 11 kursi.

Dapil Kabupaten Tangerang A meliputi Kecamatan Balaraja, Tigaraksa, Jayanti, Jambe, Cisoka, Solear, Curug, Kelapa Dua, Cikupa, Panongan, Legok, Pagedangan dan Ciasuk.  
Sedangkan Dapil Tangerang B meliputi  Kecamatan Sukamulya, Kresek, Gunung Kaler, Kronjo, Mekar Baru, Mauk, Sukadiri dan Kemeri, Pasarkemis, Sindang Jaya dan Rajeg, Teluk Naga, Kosambi, Pakuhaji, Sepatan dan Sepatan Timur.

Untuk Dapil Kota Tangerang A mencakup Kecamatan Tangerang, Karawaci, Batuceper, Benda, Neglasari, Periuk, Cibodas, dan Jatiuwung. Sedangkan Dapil Kota Tangerang B mencakup Kecamatan Cipondoh, Pinang, Ciledug, Karangtengah, dan Larangan.

Suara Pembaruan

Penulis: 149/YUD

Sumber:Suara Pembaruan