PON XVIII
Belum maksimalnya perolehan medali dikarenakan sarana pendukung di arena pertandingan masih minim dan tak sesuai dengan kebutuhan atlet.

Kontingen Sumatera Selatan (Sumsel) hingga Selasa (18/9) malam baru mendapat sembilan medali emas pada Pekan Olahraga Nasonal ke-18 di Riau, 9-20 September 2012.

Medali emas yang didapat Sumsel itu masing-masing empat dari cabang anggar, satu renang, satu atletik, satu biliar, ski air dan satu taekwondo.

Selain medali emas, berdasarkan data dari IT PB PON, Sumsel juga mendapatkan 13 medali perak dan 25 medali perunggu pada pesta olahraga empat tahunan itu.

Wakil Ketua Umum KONI Sumsel, Dhennie Zainal mengatakan, belum maksimalnya perolehan medali itu karena berbagai faktor penyebab.

"Hal ini antara lain karena sarana pendukung di arena pertandingan masih minim dan tidak sesuai dengan kebutuhan atlet," ujar dia.

Selain itu arena pertandingan yang menyebabkan atlet tidak maksimal karena boleh dikatakan tidak sesuai yang diharapkan.

"Jadi kesemuanya itu akan memengaruhi psikologi atlet sehingga dalam bertanding mereka tidak fokus," kata Dhennie.

Namun, lanjut dia, pihaknya juga akan mengevaluasi cabang olahraga yang ada karena kemungkinan pembinaan tidak tepat sasaran.

Selama ini semua kebutuhan atlet telah dipenuhi bahkan bila ingin berlatih keluar negeri juga difasilitasi, namun hasil yang didapat belum maksimal, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya akan mengevaluasi semua baik atlet, pengurus maupun pelatih supaya didapat kendala yang dihadapi dalam pesta olahraga empat tahunan itu.

Berdasarkan data cabang olahraga yang diharapkan mendapat medali emas itu antara lain pencak silat, judo, wushu dan aero modeling, namun tidak satupum emas yang didapat.

Penulis: