Ilustrasi panjat tebing.
Bali bertekad untuk menjadi tuan rumah yang baik pada pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing di Kabupaten Karangasem.

Kejurnas Panjat Tebing 2012, bakal diselenggarakan di Kabupaten Karangasem, 85 km timur Denpasar, pada 8-14 November mendatang.

"Kami berharap para atlet peserta Kejurnas merasa aman dan nyaman selama bertanding di Bali," kata Wakil Bupati Karangasem, I Made Sukrena SH, hari ini, Rabu (31/10).

Kejurnas akan diikuti sebanyak 250 atlet panjat tebing berumur maksimal 19 tahun yang datang dari semua daerah di Indonesia.

Saat memimpin rapat persiapan yang dihadiri Ketua Umum KONI Bali, Made Nariana dan pengurus Cabang Olahraga Panjat Tebing setempat, Sukrena memaparkan bahwa arena panjat tebing mulai dibangun sesuai ukuran yang standar di pinggiran lapangan rumput kabupaten setempat.

Arena panjat tebing itu dibangun dengan lingkungan yang baik sehingga atlet maupun masyarakat sekitar bisa menyaksikannya dengan nyaman.

Bupati Karangasem Wayan Geredeg akan menjamu atlet panjat tebing yang datang dari daerah di Nusantara dalam acara makan malam serta disuguhi tari-tarian yang disuguhkan para seniman setempat.

Atlet dan keluarganya seusai bertanding akan diajak melakukan perjalanan wisata untuk mengetahui dari dekat keindahan alam Kabupaten Karangasem, dengan taman ujung milik raja tempo dulu serta kebun salak di daerah itu.

Karangasem yang dikenal dengan kota lahar di Bali bagian Timur itu, berupaya menjadi tuan rumah berbagai cabang olahraga, karena memberikan dampak positif baik terhadap dunia pariwisata dan perekonomian rakyat.

Daerah Karangasem, menurut Sukrena, juga akan menjadi tuan rumah kejuaraan tinju amatir tanggal 2 November, dalam upaya ikut membangkitkan semangat masyarakat untuk mencintai sebagai cabang berolahraga.

"Saya menyambut baik upaya Kabupaten Karangasem dalam menggairahkan kecintaan masyarakat terhadap olahraga sehingga muncul atlet-atlet berprestasi seperti atletik, panjat tebing, tinju dan atlet sepeda," kata Ketua Umum KONI Bali, Made Nariana.

Penulis:

Sumber:Antara