Dari kiri: Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez.

Losail - Juara dunia Jorge Lorenzo menjuarai grand prix pembuka di Qatar dari pole position dalam balapan yang menandai kembalinya Valentino “the Doctor” Rossi di papan atas dan melahirkan sensasi baru MotoGP, Marc Marquez, yang naik podium ketiga, Minggu (7/4) waktu setempat atau Senin dinihari WIB.

Lorenzo memang mendominasi balapan, tapi semua mata tertuju pada dua pembalap di belakangnya: si legenda MotoGP dan calon legenda MotoGP.

Semua orang menunggu pertarungan tua-muda ini namun tak banyak yang mengira kalau hal itu bisa terjadi begitu cepat.

Dani Pedrosa finis keempat di belakang yuniornya sesama pembalap Repsol Honda itu setelah disalip saat balapan tinggal menyisakan enam putaran, sehingga memastikan dua Yamaha dua Honda di empat besar.

Rossi tak kalah gemilang, setelah melakukan start bagus untuk langsung merangsek posisi tiga dari grid ke-7, lalu membuat kesalahan sehingga tercecer ke posisi tujuh lagi, dan kemudian menggunakan semua bakat, kesabaran dan pengalamannya untuk mengejar satu-demi satu pembalap di depannya.

Beberapa saat setelah Marquez menyalip Pedrosa, Rossi mulai mendekat dan menyerang pembalap Yamaha Tech 3 Cal Crutchlow di posisi empat. "Rossi has joined the party," kata komentator balapan.

Crutchlow yang start dari posisi dua akhirnya harus pasrah menerima nasib kalah kencang dari empat pembalap tim pabrikan itu untuk finis kelima.

Di belakangnya, Alvaro Bautista dari tim satelit Gresini Honda menaklukkan dua pembalap tim utama Ducati, Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden.

Menggenapi sepuluh besar adalah duo tim Pramac Ducati berturut-turut Andrea Iannone dan Ben Spies.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:ESPN TV