Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu didampingi oleh Executive Chairman TDS/Wamenparekraf Sapta Nirwandar, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, Tokoh Masyarakat Sumbar Irman Gusman, Vice President CCR Bank BNI Nancy Martasuta, Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemparekraf Esthy Reko Astuti bersama-sama memukul Gendang Tasa sebagai tanda siap digelarnya secara resmi perhelatan akbar Tour de Singkarak 2013.

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat, dan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) secara resmi meluncurkan perhelatan akbar Tour de Singkarak (TDS) 2013 di Silang Monas Selatan (IKADA), Monas, Jakarta, Minggu (12/5).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu didampingi Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Wakil Menteri Parekraf sekaligus Executive Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar dan wakil Tokoh Masyarakat Sumatera Barat, Irman Gusman melakukan prosesi pemukulan Gendang Tasa guna meresmikan Tour de Singkarak 2013 pada 2 – 9 Juni mendatang.

Acara peluncuran Tour de Singkarak 2013 diawali dengan acara Fun Bike Road to Tour de Singkarak yang diikuti sekitar 1.500 peserta dari kalangan masyarakat Jabodetabek.

Mari Elka Pangestu menyampaikan, Tour de Singkarak 2013 sudah memasuki penyelenggaraan tahun kelima dan telah begitu sukses diselenggarakan pada 4 tahun sebelumnya. Sebagai event yang memadukan promosi pariwisata dan olahraga prestasi, TDS berdampak langsung terhadap Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi di Indonesia dengan tidak hanya meningkatnya setiap tahun angka kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara, namun juga pertumbuhan kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif di masyarakat Sumatera Barat yang akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Executive Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar menegaskan, perhelatan TDS telah memperoleh sambutan hangat berbagai pihak dari dalam dan luar negeri. Dari sisi penyelenggaraan, event yang selalu mendapatkan pendampingan dari ASO (event organizer Tour de France) sejak tahun 2011 ini semakin profesional, baik dari sisi peserta/atlit, keterlibatan Negara dan dukungan daerah serta sponsor. Kami begitu bersyukur dan berterima kasih atas dukungan penuh dari Bank Negara Indonesia (BNI), Garuda Indonesia dan Daihatsu serta beberapa pihak sponsor lainnnya yang begitu antusias untuk turut serta mensukseskan Tour de Singkarak 2013.”

Tour de Singkarak 2013 akan melombakan 7 etape yang berjarak total 1173 km dan berhadiah total Rp 1,2 miliar ini, akan dihelat melintasi keindahan alam dan budaya penuh pesona dari 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan melibatkan partisipasi 220 pebalap sepeda dari 18 negara meliputi; Australia, Brunei, Kanada, Taipei, Indonesia, Iran, Irlandia, Jepang, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Belanda, Filipina, Singapura, Spanyol, Thailand, Amerika dan Uzbekistan.

Ketujuh etape yang dilombakan adalah: Etape 1 Bukittinggi – Bonjol berjarak 122 Km, Etape 2 Padang Panjang – Istano Basa, Tanah Datar berjarak 215 Km, Etape 3 Payakumbuh – Danau Singkarak berjarak 212 Km, Etape 4 Sijunjung – Pulau Punjung, Dharmasraya berjarak 205 Km, Etape 5 Sawahlunto – Muara Labuh, Solok Selatan berjarak 138 Km, Etape 6, Pariaman – Painan berjarak 140 Km dan Etape 7, Padang Pariaman – Padang Circuit yang berjarak 141 Km.

Penulis: