Pebulutangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Kuala Lumpur - Tim Indonesia kembali menurunkan susunan yang tidak lazim untuk memberikan kejutan menghadapi tim favorit China pada perempat-final kejuaraan bulutangkis beregu campuran Piala Sudirman di Stadion Putra Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia, Kamis (23/5).

Dalam susunan tim yang disampaikan secara resmi oleh Kasubdit Humas dan Media Sosial PB PBSI Ricky Soebagdja di Kuala Lumpur, Rabu, kejutan tersebut adalah diturunkannya Liliyana Natsir di dua nomor, yaitu ganda campuran dan ganda putri.

Di nomor ganda campuran, Butet tetap akan berpasangan dengan Tontowi Ahmad dan akan tampil di partai pembuka dan di nomor ganda putri berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari.

Liliyana yang bersama Tontowi Ahmad, peringkat dua dunia yang berhasil mempertahankan gelar juara All England pada Maret lalu, akan berhadapan dengan peringkat satu dunia Xu Chen/Ma Jin.

Dari delapan pertemuan mereka sebelumnya, pasangan China tersebut unggul 6-2.

Terakhir mereka bertemu di Final Super Series 2012 dan Xu Chen/Ma Jin menang dua game langsung 21-14, 21-11.

Sementara dua kemenangan Tontowi/Liliyana diraih di Singapura Terbuka 2012 serta di Indonesia Terbuka di Jakarta, juga pada 2012.

Bagi Liliyana, tampil di ganda putri bersama Nitya adalah untuk pertama kali karena Nitya sebelumnya dipasangkan dengan Greysia Polii.

Di tunggal putra, Tommy Sugiarto kembali akan diturunkan untuk berhadapan dengan peringkat tiga dunia Chen Long.

Pada pertandingan penyisihan Grup A sebelumnya, putra juara dunia 1983 Icuk Sugiarto tersebut menyerah dua game langsung 17-21, 11-21, sehingga memperpanjang rekor kekalahan menjadi 0-5.

Perubahan lain yang dilakukan oleh pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi dibanding pertandingan sebelumnya adalah dengan menurunkan Angga Pratama/Ryan Agung menghadapi ganda senior Cai Yun/Fu Haifeng.

Sebelumnya, Angga dipasangkan dengan Hendra Setiawan dan gagal mengalahkan Cai Yun/Fu Haifeng.

"Spesialis Hendra dan Angga adalah permainan di depan net, sehingga tidak ada tukang gedor di garis belakang," kata Herry IP mengomentari penampilan Hendra/Angga sebelumnya.

Angga/Ryan baru sekali bertemu dengan Cai Yun/Fu Haifeng, yaitu di Jepang Super Series 2010 yang dimenangi pasangan China itu dengan dua game langsung 21-14, 21-11.

Di tunggal putri, Aprilia Yuswandari yang sempat mengejutkan dengan merebut game pertama meski akhirnya dikalahkan Li Xuerui, akan digantikan oleh Lindaweni Fanetri yang memiliki rekor 1-1 dengan Xuerui, juara Olimpiade London 2012 dan peringkat teratas dunia itu.

Berbeda dengan Indonesia, China sama sekali tidak melakukan perubahan susunan pemain yang sama saat mengalahkan Indonesia 5-0 di babak penyisihan Grup A, yaitu Chen Long (tunggal putra), Li Xuerui (tunggal putri), Cai Yun/Fu Haifeng (ganda putra), Wang Xiaoli/Yu Yang (ganda putri) dan Xu Chen/Ma Jin (ganda campuran).

Berikut susunan lengkap perempatfinal Piala Sudirman antara Indonesia vs China:
1. Ganda campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Xu Chen/Ma Jin
2. Tunggal putra: Tommy Sugiarto vs Chen Long
3. Ganda putra : Angga Pratama/Rian Agung Saputro vs Cai Yun/Fu Haifeng
4. Tunggal putri : Linda Wenifanetri vs Li Xuerui
5. Ganda putri : Liliyana Natsir/Nitya Krishinda Maheswari vs Yu Yang/Wang Xiaoli

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Antara