Pemain asal Swiss Roger Federer di turnamen Prancis Terbuka, 29 Mei 2013.

Paris - Roger Federer mencatat kemenangan ke-56 di Prancis Terbuka sedangkan Serena Williams membukukan kemenangan ke-26 berturut-turut saat dua mantan juara itu menggilas lawan-lawan mereka di Roland Garros Rabu sore (29/5) waktu setenpat.

Federer, unggulan kedua, menundukkan pemain India Somdev Devvarman yang berada di ranking 188 dunia dengan skor telak 6-2, 6-1, 6-1 dan babak berikutnya akan menghadapi pemain tuan rumah Julien Benneteau.

Skor ini merupakan yang paling telak untuk Federer di Paris sejak dia mengalahkan pemain Belgia Kristof Vliegen di putaran pertama tahun 2004 juga dengan kehilangan empat gem saja.

Jumlah kemenangan yang dibukukan di turnamen ini hanya terpaut dua dari pemegang rekor turnamen yang sama-sama diraih Guillermo Vilas dan Nicola Pietrangeli.

"Hebat rasanya bahwa semua kerjaku membawa hasil dan kuharap bisa terus mengalami hal seperti ini selama mungkin," kata legenda asal Swiss itu, yang terakhir juara di sana pada 2009.

Unggulan teratas Williams mencatat kemenangan 6-1, 6-2 atas remaja Prancis Caroline Garcia, dan hanya kehilangan tujuh poin saat servis.

Williams, 31, akan menghadapi pemain Romania Sorana Cristea yang menempati daftar unggulan nomor 26 untuk mencapai babak perdelapan final. Dalam dua putaran sejauh ini, petenis Amerika Serikat itu hanya kehilangan empat gim.

Rekor kemenangan berturut-turut yang diraihnya kemarin masih terpaut sembilan kemenangan dari pemegang rekor 35 kemenangan yang diraih tak lain oleh saudarinya sendiri Venus pada tahun 2000.

Kontras dengan itu, mantan petenis nomor saru dunia Caroline Wozniacki asal Denmark, yang diunggulkan di posisi 10, takluk 7-6 (7/2), 6-3 dari petenis ranking 47 dunia Bojana Jovanovski, asal Serbia. Hasil ini mengulangi partai yang sama di Roma dua pekan lalu.

"Ini memang bukan musim tanah liat terbaik tahun ini," kata Wozniacki. “Bagusnya adalah ini turnamen (lapangan tanah liat) yang terakhir.”

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:AFP