Mesin F1 Renault untuk musim 2014 berkapasitas 1,6 liter.
Mesin F1 Renault untuk musim 2014 berkapasitas 1,6 liter.
Mesin F1 Renault untuk musim 2014 berkapasitas 1,6 liter.

Renault telah merilis sejumlah gambar dan rincian mesin Formula 1 musim 2014 yang berkapasitas 1,6 liter konfigurasi V6 turbocharged.

Formula 1 akan melakukan revolusi di regulasi mesin dengan menghentikan pemakaian mesin 2,4 liter konfigurasi V8 dan putaran maksimum 18.000 per menit (rpm) akhir musim ini, dan diganti dengan mesin 1,6 liter V6 dengan putaran 15.000 rpm mulai 2014.

Renault menamai mesinnya Energy F1-2014 yang diklaim memiliki 600 tenaga kuda dan dilengkapi dengan sistem energy recovery systems (ERS) yang akan memberi tenaga tambahan sebanyak 160 tenaga kuda lagi.

Sistem ini menyimpan energi panas yang terbuang dari knalpot dan pengereman, lalu mengubahnya untuk menjadi sumber tenaga tambahan.

Karena itu tenaga maksimum yang dihasilkan mesin baru akan melampaui output mesin V8 yang sekarang, sementara konsumsi bahan bakar minyak akan berkurang drastis. Menurut Renault, penghematan BBM mencapai 35% dari tingkat konsumsi mesin yang sekarang, dan ini menjadi elemen penting karena musim depan setiap balapan hanya mengizinkan penggunaan bahan bakar maksimum 100 kg.

Dan tentu saja suara mesin baru dengan yang sekarang akan berbeda. Namun Rob White, deputi direktur pelaksana Renault, menjanjikan suaranya akan tetap nyaring.

"Ini akan membangunkan anda dari tidur. Para tetangga dekat sirkuit masih tetap akan mengeluh,” kata dia.

"Saya yakin sebagian orang masih akan mengenang suara mesin dari era sebelumnya, termasuk mesin V8 yang sekarang. Namun suara mesin generasi baru memang berbeda. Ini seperti anda ditanya suka grup musik Motorhead atau AC/DC. Akhirnya memang ini tergantung pada selera masing-masing orang."

Renault adalah pemasok mesin untuk juara dunia pembalap dan konstruktor tiga tahun terakhir, Sebastian Vettel dan timnya Red Bull. Beberapa tim lain juga memakai mesin Renault musim ini, termasuk Lotus, Caterham dan Williams.

Williams telah memastikan akan pindah ke Mercedes musim depan, namun Renault juga akan mendapat pelanggan baru yaitu Toro Rosso.

Pemasok lainnya, Mercedes, juga telah merilis mesin V6 1,6 liter untuk 2014 pada Januari lalu.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:formula1.com