Atlet panjat tebing NTB, Siti Aisyah (12) melakukan eksebisi pemanjatan saat pembukaan kejuaraan nasional panjat tebing kelompok umur di "Climbing Center" gelanggang pemuda Mataram, NTB, Sabtu (29/6).

Mataram - Sebanyak 245 atlet dari 20 provinsi mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) VIII Panjat Tebing kelompok umur 6-19 tahun 2013 di Climbing Centre Gelanggang Pemuda Mataram, Nusa Tenggara Barat, 28 Juni hingga 4 Juli 2013.

Kejurnas Panjat Tebing tersebut dibuka Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indenesia (FPTI) Akil Mochtar di Mataram, Sabtu. Kejuaraan itu memperebutkan 30 medali emas, 30 perak, dan 30 perunggu.

Atlet panjat tebing yang mengikuti kejurnas tersebut antara lain dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali dan tuan rumah NTB.

Kejuaraan panjat tebing itu dibagi dalam beberapa kelas dan kategori, yakni nomor perseorangan lead (semua kelompok umur), speed word record (Junior, Youth A dan Youth B), speed classic (spider kid A, B, C), serta Boulder (Junior, Youth A dan Youth B).

Kelompok umur dibedakan menjadi enam kelompok, yakni Junior (kelahiran 1995-1994), Youth A (kelahiran 1997-1996), Youth B (Kelahiran 1999-1998), Spider Kid A (Kelahiran 2001-2000), Spider Kid B (Kelahiran 2003-2002), serta Spider Kid C (Kelahiran 2006-2004).

Ketua Umum PP FPTI Akil Mochtar mengatakan Kejurnas Panjat Tebing ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di NTB dan sekaligus dijadikan ajang seleksi dan persiapan untuk menghadapi seleksi Asian Youth Championship 2013 di Surabaya, Desember 2013.

"Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan Junior Asean tahun ini. Para atlet panjang tebing yang mendapat ranking pada kejurnas di Mataram ini akan dikirim untuk mengikuti seleksi kejuraan tingkat Asean di Surabaya," katanya.

Ia mengatakan, bagi Indonesia ini juga merupakan ajang seleksi sekaligus uji coba sebagai tuan rumah Asian Youth Championship 2014 di NTB.

"Untuk tahun ini Asian Youth Championship 2013 dilaksanakan di Irak dan kami mengirimkan tiga atlet dan satu ofisial. Kita berhasil meraih satu medali perak dan satu perunggu," katanya.

Menurut dia, Indonesia dipilih secara aklamasi sebagai tuan rumah kejuaraan tersebut oleh Assembly International Federation of Sport Climbing (IFFC) pada Maret 2013 di Shanghai China. Ini berdasarkan lobi dari FPTI.

Penulis: /WBP

Sumber:Antara