Jorge Lorenzo di paddock Yamaha, Sirkuit Sachsenring, Jerman, 12 Juli 2013.

Barcelona - Jorge Lorenzo menjalani operasi di Barcelona Sabtu (13/7) untuk mengganti plat peyambung tulang selangka yang bengkok setelah dia kembali terjatuh di Sachsenring, sehingga harus absen di Grand Prix Jerman dan kemungkinan juga seri selanjutnya di Laguna Seca, Amerika Serikat, yang hanya berjarak satu pekan.

Berita absennya dia di Laguna Seca ini telah menyebar di berbagai situs jejaring sosial pemerhati MotoGP, walaupun belum ada konfirmasi dari pihak Yamaha.

Direktur tim Yamaha, Massimo Meregalli, hanya mengatakan bahwa operasi berjalan dengan baik.

“Untungnya operasi Jorge berjalan sangat lancar yang juga menjadi poin positif hari ini. Kami tentu merindukan kehadirannya di sini untuk berjuang demi kemenangan, namun dia telah membuat keputusan yang tepat untuk bisa pulih sepenuhnya,” kaata Meregalli.

“Kami doakan yang terbaik untuknya dan menunggu dia kembali, lebih kuat dari sebelumnya.”

Dokter yang menangani Lorenzo mengatakan plat baru telah dipasang dengan 10 sekrup, dari semula delapan.

“Sebagai akibat dari trauma yang didapat dalam kecelakaan kemarin, retakan yang terjadi dulu sedikit bergeser yang membutuhkan pembedahan baru untuk menutup ruangnya dan mengurangi retakan dengan metode osteosynthesis dan dengan plat baru,” jelas Dr. Joaquin Rodriguez.

“Plat baru ini butuh 10 sekrup plus satu lagi sekrup inter fragmentary. Kami lalu perlu mengambil sedikit zat tulang dari bagian pelvis yang dicampur dengan tulang yang dikeringkan. Kami menempatkan implant ini pada tulang selangka untuk menstimulasi pembentukan callus dan mempercepatan perekatan tulang.”

Operasi yang dilakukan berjalan sekitar dua jam di Rumah Sakit Umum de Catalunya.

Seperti diketahui, dua pekan sebelum kecelakaan di Jerman Lorenzo juga terjatuh di Belanda yang memuat tulang selangka kiri patah dan harus dipasang plat.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Yamaha/ MotoGP.com