Pembalap LCR Honda Stefan Bradl di Laguna Seca, Juli 2013.

Laguna Seca - Pembalap satelit LCR Honda Stefan Bradl membuat kejutan dengan menjadi yang tercepat di babak kualifikasi Grand Prix Amerika Serikat Sabtu (20/7) waktu setempat atau Minggu pagi WIB, yang merupakan pole position pertama sepanjang karirnya.

"Sangat menyenangkan bisa berada di pole. Aku sadar kualifikasi akan sulit karena pembalap lain lebih cepat. Aku cuma melakukannya, dan khususnya di seksi terakhir aku sangat kencang," ujar pembalap Jerman itu.

"Sekarang kami tahu kami bisa kencang jadi tunggu saja balapan besok."

Dengan catatan waktu 1 menit 21,176 detik dia mengungguli rookie Repsol Honda, Marc Marquez, yang terjatuh di pertengahan babak kualifikasi sehingga tidak mampu memperbaiki catatan waktunya. Namun beruntung catatan waktu yang dibuatnya sudah terlalu tajam untuk bisa didahului sisa pembalap lainnya dan akan menempati posisi dua di start balapan.

Dari siaran ulang terlihat ban depan motor Marquez kehilangan kendali ketika sedang menikung tajam ke kiri dan langsung jatuh masuk gravel di Sirkuit Laguna Seca. Pembalapnya baik-baik saja.

"Aku menggeber motornya terlalu dini sehingga ban depan kehilangan kendali. Namun aku senang dengan hasil ini dan merasa baik-baik saja," ujar Marquez sembari tersenyum lebar seperti biasanya.

Honda juga menguasai posisi tiga, lagi-lagi lewat pembalap tim satelit Gresini yang diwakili Alvaro Bautista. Lalu di mana nama-nama besar lainnya?

Valentino Rossi menjadi pembalap terbaik Yamaha hari itu dengan menempati grid keempat. Cal Crutchlow dari tim satelit Yamaha Tech 3 harus puas berada di posisi lima. Mungkin akibat terjatuh di sesi latihan keempat beberapa menit sebelumnya, dia tampil cukup hati-hati di babak penentuan.

Baris kedua ini memang khusus Yamaha, setelah Jorge Lorenzo yang masih cedera mampu berada di posisi enam. Namun ketika kembali ke paddock, dia tambah tak senang dengan hasilnya. Cuaca cukup terik di babak kualifikasi ini, dan para pembalap Yamaha acap mengeluh sebelumnya bahwa motor mereka tidak bisa maksimal jika temperatur naik.

Pedrosa yang harus mengikuti babak pertama kualifikasi akibat absen di sesi latihan ketiga akan berada di grid ketujuh.

Di belakangnya adalah pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan pembalap kedua Tech 3, Bradley Smith.

Pembalap tuan rumah Nicky Hayden tampil tidak terlalu mengesankan karena hanya bisa menempati grid kesepuluh untuk Ducati. Menjelang babak kualifikasi ini, dia membenarkan kabar bahwa tahun depan dia akan didepak timnya.

Berada di grid 11 dan 12 adalah dua pembalap Power Electronics Aleix Espargaro dan Randy de Puniet.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Star Sports TV