Ilustrasi lomba lari

Jakarta - Perayaan Hari Raya Kemerdekaan Indonesia ke 68 pada tanggal 17 Agustus 2013 akan dimeriahkan dengan acara olahraga lari dengan jarak 17 kilometer dan delapan kilometer (km). Olahraga lari yang disebut dengan nama Independence Day Run akan diikuti 45 ribu pelari diadakan oleh Istana Kepresidenan bekerja sama dengan TNI, Polri, Kementerian terkait dan Bank Rakyat Indonesia bermitra dengan Garuda Finshers sebagai parner organizer.

Mengusung tema “Independence Day Run Semangat 17/8 untuk Merah Putih”, kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berolahraga dan bergembira bersama memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68. Kegiatan akan berlangsung pada Minggu (25/8), dimulai sejak pukul 06.00 dari depan Istana Merdeka dan berakhir di Pintu Barat Daya, Monas, Jakarta.

Ketua Panitia Bersama Independence Day Run Kasgartap I/Jakarta Brigjen TNI Toto Rianto mengatakan selama ini kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan selalu dilaksanakan pada rangkaian acara di Kompleks Istana Presiden. Akibatnya, keterlibatan masyarakat dalam rangkaian kegiatan tersebut dirasakan masih sangat terbatas.

“Oleh karena itu, perlu diselenggarakan sebuah event di mana seluruh rakyat secara terbuka kami ajak aktif bersama-sama memeriahkan ulang tahun kemerdekaan RI. Untuk itu, diinisiasi melalui kegiatan Independence Day Run yang merupakan kegiatan bersama,” kata Toto, Kamis (15/8).

Ditargetkan, acara ini akan diikuti oleh 45.000 pelari ini terbuka untuk umum dan pelari profesional. Kegiatan ini terasa istimewa karena pertama kalinya sebuah kegiatan lari digelar di depan Istana Merdeka. Pelepasan pelari juga akan dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Rute lari akan menggunakan rute Car Free Day yang dimulai di depan Istana Merdeka. Untuk lari 17K akan melintasi Jalan Thamrin, Semanggi, Sudirman, Sisingamangaraja, kemudian berputar di depan sekolah Al-Azhar dan kembali melintasi sisi jalan berlawanan hingga berakhir di Silang Monas melalui Pintu Barat Daya. Sedangkan untuk lari 8K sendiri akan berputar di depan Chase Plaza dan kembali dengan finish yang sama di Silang Monas.

Pendaftaran dibuka sejak 5 Agustus dan akan ditutup pada 21 Agustus 2013,tanpa dipungut biaya. Setiap peserta yang sudah mendaftar akan mendapatkan asuransi pelari, race pack (berisi t-shirt lomba dan nomor dada). Untuk 1.000 pelari 8K yang finish pertama, akan mendapat medali sebagai tanda penghargaan. Medali ini juga akan diberikan kepada 1.000 pelari 17K yang finish pertama.

“Seluruh masyarakat berkesempatan memenangkan doorprize setelah terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui websitewww.bri.co.id,” ujar Kepala Staf Garnisun tetap 1 Jakarta (Kasgartap 1 Jkt), Brigjen TNI Toto Riyanto.

Penulis: Lenny Tristia Tambun/AF