Taklukkan Pasangan Jerman, Praveen/Debby ke Perempat Final

Taklukkan Pasangan Jerman, Praveen/Debby ke Perempat Final
Ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto di Olimpiade Rio 2016. ( Foto: AFP )
Jaja Suteja / JAS Jumat, 12 Agustus 2016 | 20:48 WIB

Rio de Janeiro - Pasangan Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto, meraih kemenangan kedua mereka pada cabang bulutangkis nomor ganda campuran Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Jumat (12/8). Bermain di Grup A, Praveen/Debby menundukkan pasangan Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels, 21-16 dan 21-15. 

Berkat kemenangan ini, Praveen/Debby pun memastikan tiket perempat final. Pada pertandingan terakhir Grup A besok, Praveen/Debby akan bertemu Zhang Nan/Zhao Yunlei dari Tiongkok untuk menentukan juara grup. Dalam laga sebelumnya, Zhang Nan/Zhao Yunlei mengalahkan wakil Hong Kong, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah, 21-16, 21-15. 

Kedua pasangan ini pernah dua kali bertemu dan semuanya dimenangkan Praveen/Debby. Dalam pertandingan game pertama di Olimpiade Rio ini, pasangan Jerman sempat memimpin 4-2 karena kesalahan sendiri yang dilakukan pasangan Indonesia.

Mengandalkan postur tubuhnya yang tinggi, Fuchs berupaya menekan dengan melakukan smes tajam. Upaya mereka ini berhasil dan membuat mereka memimpin 6-4. Namun pasangan Indonesia tak mau didikte. Praveen/Debby kemudian berhasil menyamakan skor hingga 6-6.

Pertandingan berjalan sangat ketat ditandai dengan skor berkejaran hingga skor 9-9. Namun Indonesia sempat unggul hingga 14-11. Pasangan Jerman kerap mendapatkan poin dengan terus mencecar Debby. Semua pengembalian Michael Fuchs/Birgit Michels diarahkan kepada Debby agar dia melakukan kesalahan.

Beruntung Debby kemudian bisa menunjukkan permainan lebih baik. Pasangan Indonesia pun kemudian unggul 18-13. Meski sempat mendapat perlawanan ketat, Praveen/Debby kemudian bisa mengakhiri perlawanan pasangan Jerman itu dengan skor 21-16.

Pada game kedua, Indonesia unggul 3-0 karena kesalahan sendiri yang dilakukan Fuchs/Michels. Tim Merah-Putih tak terlalu perlu mengeluarkan banyak tenaga sampai mereka unggul 8-1. Praveen/Debby terlihat bermain lebih rileks ditambah "menang angin" menjadi faktor yang bisa membuat mereka menambah poin dengan mudah.

Dominasi permainan pasangan Indonesia berlanjut hingga mereka unggul 11-2. Sebuah pukulan dari Praveen membuat kok mengenai wajah Michael Fuchs. Namun setelah itu, pasangan Jerman mampu bangkit. Debby kembali dicecar oleh Fuchs/Michels, dan membuat mereka menambah angka hingga 14-7.

Pasangan Jerman sebenarnya sempat banyak menambah angka karena Praveen/Debby bermain terburu-buru dan tampak ingin segera menyelesaikan pertandingan. Fuchs/Michels sempat membuntuti sampai skor 19-15. Namun pasangan Indonesia kemudian mengunci kemenangan dengan skor 21-15.

Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE