Tontowi/Liliyana Selamatkan Muka Indonesia i

Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir.

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Minggu, 18 Juni 2017 | 21:39 WIB

Jakarta - Pasangan ganda campuran Tontowi, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, menyelamatkan muka tuan rumah dalam turnamen bulutangkis Indonesia Terbuka atau Indonesia Open 2017. Juara Olimpiade 2016 ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final sekaligus mempersembahkan gelar juara.

Pada partai pamungkas yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (18/6), pasangan yang akrab dipanggil Owi/Butet ini menjadi juara setelah menundukkan pasangan unggulan pertama yang juga penghuni peringkat pertama WBF, Zheng Siwei/Chen Qingchen, 22-20 dan 21-15.

Dengan sukses ini berarti, Butet/Butet berhasil melakukan revans atas pasangan Tiongkok tersebut. Sebelumnya kedua pasangan ini sempat bertemu pada Tiongkok Terbuka tahun 2014 lalu. Saat itu Tontowi/Liliyana menyerah 18-21 dan 15-21. 

Meski mampu menang dalam dua set langsung namun Owi/Butet tidak dengan mudah menumbangkan pasangan juara Malaysia Open. Pada set pertama kedua tim sempat saling susul-menyusul angka. Zheng/Chen berhasil beberapa kali menyamakan kedudukan.

Pasangan Indonesia memang sempat tertinggal pada awal game kedua. Namun permainan gemilang Tontowi membuat pasangan Tiongkok tak berdaya. Chen sendiri terlihat tidak maksimal setelah sebelumnya bermain di final ganda putri berpasangan dengan Jia Yifan dan menjadi juara.

Namun di nomor ganda campuran dia tak mampu mengulang sukses. Tontowi/Liliyana berhasil mengakhiri perlawanan lawannya hanya dalam waktu 45 menit.   




Sumber: BWF
ARTIKEL TERKAIT