Juara Wimbledon, Federer Torehkan Banyak Rekor

Petenis Swiss Roger Federer merebut trofi Wimbledon ke-8 dengan mengalahkan petenis Kroasia Marin Cilic, 16 Juli 2017. (AFP)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Senin, 17 Juli 2017 | 01:49 WIB

London - Roger Federer menjadi petenis putra pertama yang bisa menang delapan kali di Wimbledon sekaligus memperpanjang rekor juara Grand Slam tunggal putra terbanyak dengan 19 trofi setelah mengalahkan petenis Kroasia Marin Cilic, Minggu (16/7) waktu setempat.

Federer, unggulan ketiga di turnamen itu, menang tiga set langsung 6-3 6-1 6-4 atas Cilic, unggulan ketujuh yang harus menahan nyeri di telapak kaki kirinya akibat cedera dan sempat mendapat perawatan medis di set kedua.

Dalam usia 35 tahun, Federer juga menjadi petenis tunggal putra tertua yang bisa menjuarai Wimbledon sejak era Open diperkenalkan pada 1968.

Dia petenis putra pertama sejak Bjorn Borg pada 1976 yang bisa menjuarai Wimbledon tanpa kehilangan satu set pun dari pertandingan pertama hingga final.

Sebelum ini, Federer berbagi rekor juara Wimbledon tunggal putra bersama Pete Sampras dan William Renshaw dengan tujuh trofi. Untuk nomor tunggal, rekor kemenangan terbanyak Wimbledon masih dipegang petenis putri Martina Navratilova dengan sembilan trofi.

Dari tiga turnamen Grand Slam yang telah digelar tahun ini, Federer sudah merebut dua trofi, setelah kembali dari istirahat enam bulan untuk menjuarai Australia Terbuka Januari lalu.

Dengan 19 trofi Grand Slam, dia menambah jarak dari peringkat dua pemegang rekor trofi terbanyak Grand Slam tunggal putra Rafael Nadal menjadi empat trofi.

Di semua kategori Grand Slam, Federer berada di posisi empat bersama dengan Helen Wills Moody, dan masih tertinggal lima trofi dari pemegang rekor Margaret Court.

Dia juga satu-satunya petenis putra yang bisa juara lima kali secara beruntun di dua turnamen Grand Slam yaitu Wimbledon dan Amerika Serikat Terbuka.

"Kami tidak bisa menggambarkan secara memadai tentang semua rekor yang telah dipecahkan Federer," komentar Boris Becker, juara Wimbledon tiga kali.

"Semua orang lebih muda darinya namun dia bisa menemukan cara untuk menang dengan mudah, dan melakukannya secara konsisten di semua permukaan, kecuali tanah liat. Tidak mungkin bisa memahami ini. Menurut Anda, akan ke mana lagi dia? Apakah gelar grand slam ke-20 di Amerika Serikat Terbuka?"

Daftar peraih gelar Grand Slam tunggal putra terbanyak:
19 trofi - Roger Federer
15 - Rafael Nadal
14 - Pete Sampras
12 - Novak Djokovic, Roy Emerson
11 - Bjorn Borg, Rod Laver
10 - Bill Tilden
8 - Ken Rosewall, Fred Perry, Jimmy Connors, Andre Agassi, Ivan Lendl

Daftar peraih gelar tunggal putra Wimbledon terbanyak:
8 - Roger Federer
7 - William Renshaw, Pete Sampras
5 - Bjorn Borg, Laurence Doherty
4 - Reggie Doherty, Rod Laver, Anthony Wilding
3 - Wilfred Baddeley, Boris Becker, Novak Djokovic, Arthur Gore, John McEnroe, John Newcombe, Fred Perry, Bill Tilden

Petenis Swiss Roger Federer merebut trofi Wimbledon ke-8 yang menjadi rekor baru, 16 Juli 2017. Foto ini menunjukkan momen ketika Federer menjuarai Wimbledon, baris atas dari kiri: 2003, 2004, 2005, 2006, baris bawah dari kiri: 2007, 2009, 2012 dan 2017. (AFP)




Sumber: BBC Sport
ARTIKEL TERKAIT