Hari Kelima, Indonesia Berpeluang Perbaiki Peringkat

Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa menggigit medali emas saat menjuarai final renang 50 meter gaya punggung putra SEA Games XXIX di National Aquatic Centre, kawasan Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, 21 Agustus 2017. (Antara/Sigid Kurniawan)

Oleh: / YUD | Rabu, 23 Agustus 2017 | 07:05 WIB

Kuala Lumpur - Kontingen Indonesia berpeluang memperbaiki peringkat karena pada hari kelima pelaksanaan SEA Games 2017 di Malaysia, Rabu (23/8) yang  mempertandingkan cabang olahraga unggulan, seperti atletik.

Saat ini kontingen Indonesia masih tertahan di posisi lima dengan raihan 12 emas, 14 perak, dan 23 perunggu atau tertinggal cukup jauh dengan pemuncak klasemen, yaitu tuan rumah Malaysia dengan 39 emas, 30 perak, dan 21 perunggu.

Pesaing terdekat Indonesia adalah Thailand yang hingga hari keempat pelaksanaan SEA Games 2017 terus saling kerja. Saat ini kontingen Negeri Gajah Putih ini berada di posisi empat klasemen dengan 12 emas, 17 perak, dan 25 perunggu.

Ada sembilan emas yang bakal diperebutkan di Stadion Nasional Bukit Jalil, di antaranya adalah nomor lompat jangkit atas nama Maria Londa. Atlet asal Bali ini diharapkan bisa tampil gemilang meski pada kejuaraan dua tahunan ini juga turun di nomor lompat jauh.

Maria yang juga peraih emas di Asian Games 2014 itu diharapkan menjaga tradisi emas dari atletik setelah emas perdana mampu dipersembahkan lewat nomor jalan cepat melalui Hendro.

Sementara itu cabang karate diharapkan bisa kembali bersinar demi peringkat Indonesia. Setelah sukses mencuri emas pada hari pertama pelaksanaannya, Hendro Salim dan kawan-kawan diharapkan terus menjaga konsistensi. Bertanding di KLCC Hall, dua emas berpeluang bisa diraih.

Begitu pula dengan cabang senam. Setelah hanya meraih perak, salah satu mother of sports ini diharapkan bisa menyumbangkan emas meski persaingan dicabang olahraga ini sangat ketat. Ada enam emas yang diperebutkan oleh Agus Adi Prayogo dan kawan-kawan.

Cabang menembak yang sebelumnya membuat kejutan setelah enam tahun absen dengan emas diharapkan juga bisa menambah pundi emasnya. Atlet muda M. Naufal Mahardika tetap menjadi andalan untuk mendongkrak cabang olahraga ini.

"Masih ada tiga nomor lagi yang diikuti dia. Semoga prestasi terbaik bisa kembali di raih," kata manajer tim menembak Indonesia Yoshie Agusta Akbar.

Sementara itu, untuk cabang permainan juga sudah berjalan. Tim bulu tangkis putra dan putri juga sudah masuk semifinal. Begitu juga dengan basket, bola voli, dan futsal putra terus menunjukkan kemampuan terbaik sehingga peluang untuk meraih medali terbuka.




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT