Kualifikasi Piala Dunia 2018

Spanyol Gunduli Italia Tiga Gol

Pemain Spanyol meluapkan kegembiraan usai Isco mencetak gol ke gawang Italia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Santiago Bernabeau, Minggu, 3 September 2017/ (AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)

Oleh: Iman Rahman Cahyadi / CAH | Minggu, 3 September 2017 | 06:12 WIB

Madrid - Spanyol sukses menggasak Italia 3-0 dalam lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di Santiago Bernabeau, Minggu (3/9) dini hari WIB. Dua dari tiga gol Spanyol dicetak Isco (menit 13 dan 40) dan satu gol Alvaro Morata di menit 77.  

Kemenangan ini akan kian memuluskan peluang Tim Matador lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Spanyol kini mantap di puncak klasemen Grup G dengan keunggulan tiga poin di sisa tiga pertandingan. .

Spanyol juga berhasil memperpanjang catatan tak terkalahkannya di ajang kualifikasi Piala Dunia menjadi 60 laga. Mereka mampu 47 kali menang dan imbang 13 kali. Sementara bagi Italia ini merupakan kekalahan pertama di ajang kualifikasi Piala Dunia setelah melewati 33 laga. Sebelumnya mereka mampu menang 23 kali dan sisanya berakhir imbang.

Menghadapi Italia, Pelatih Spanyol Julen Lopetegui menurunkan tim inti tanpa penyerang murni. Isco mendapat peran sebagai "false nine".  Spanyol mendominasi penguasaan bola, sedangkan Italia yang kesulitan kerap melakukan pelanggaran. Pada menit ke-4 Marco Verratti telah mendapatkan kartu kuning dari wasit asal Belanda Bjorn Kuipers.

Skor Spanyol dibuka di menit 14 lewat tendangan bebas. Ini setelah bek Italia Leonardo Bonucci diganjar kartu kuning karena melakukan tekel keras di area dekat kotak penalti. Isco dengan tenang sukses menaklukkan kiper Gianluigi Buffon.

Italia merespons dengan menggencarkan serangan. Pada menit ke-22 Andrea Belotti menyundul umpan silang dari Matteo Darmian, namun bola masih bisa diselamatkan dengan cemerlang oleh kiper Spanyol David de Gea.

Malahan Spanyol berhasil menggandakan keunggulan lewat gol kedua Isco. Tendangan mendatarnya usai menerima operan dari Andres Iniesta kembali bersarang ke gawang Italia. Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Tidak terjadi banyak perubahan di babak kedua. Spanyol tetap mendominasi penguasaan bola. Italia yang tampil lebih ngotot juga kesulitan memanfaatkan sejumlah peluang.

Spanyol justru sepertinya tidak puas dengan keunggulan dua gol. Kembali, satu gol kembali ditambah dan kali ini dicetak Morata di menit 77. Lewat serangan balik, bek Sergio Ramos memberikan umpan silang yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh pemain Chelsea tersebut.

Skor 3-0 bertahan sampai laga berakhir.

Di laga berikutnya Spanyol akan menghadapi juru kunci grup Liechtenstein, sementara Italia akan menjamu Israel pada Rabu (6/9) dini hari WIB.




Sumber: Sportsmole
ARTIKEL TERKAIT