Vinales Pole di Aragon, Rossi Ketiga

Pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales. (Yamaha MotoGP)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Sabtu, 23 September 2017 | 20:11 WIB

Aragon - Maverick Vinales merebut pole position di Grand Prix Aragon, namun kabar sensasional dari babak kualifikasi hari Sabtu (23/9) ini adalah keberhasilan Valentino Rossi merebut posisi ketiga hanya 23 hari setelah kecelakaan motorcross yang membuat kakinya retak.

Rossi bahkan sempat menjadi pembalap terkencang masuk 2 menit terakhir kualifikasi yang digelar 15 menit, namun rekannya di Yamaha yang menyusul di belakang menggusurnya ke posisi kedua.

Sekejap kemudian giliran pembalap Ducati Jorge Lorenzo yang juga mengungguli Rossi untuk merebut posisi kedua. Vinales mencatat waktu 1 menit 47,635 detik, unggul 0,100 detik atas Lorenzo, yang harus memulai dari babak pertama (Q1).

Ini merupakan pole Vinales yang kedua secara beruntun setelah Misano.

Sebelum tiga pembalap itu menorehkan waktu terbaik mereka, pembalap Repsol Honda Marc Marquez berada di posisi paling atas. Sayangnya dia terjatuh cukup keras dan dengan waktu yang tidak banyak tersisa akhirnya dia memutuskan masuk pit dan mengakhiri sesi kualifikasi.

Setelah menguasai pole position Aragon sejak dia masuk kelas MotoGP pada 2013, Marquez akhirnya harus puas memulai balapan dari urutan kelima, di belakang pembalap LCR Honda Cal Crutchlow.

Di belakang Marquez adalah rekan setimnya Dani Pedrosa, sementara pembalap Ducati Andrea Dovizioso yang berbagi angka sama dengannya di puncak klasemen akan memulai dari urutan ketujuh.

Pembalap Aprilia Gresini Aleix Espargaro tampil cukup konsisten di Aragon dan akan menempati posisi delapan. Posisi terakhir baris ketiga adalah pembalap Aspar Ducati Alvaro Bautista, yang terjatuh dalam upaya terakhirnya di kualifikasi.

Baris keempat akan diisi berturut-turut oleh Andrea Iannone (Suzuki Ecstar), Johann Zarco (Yamaha Tech 3), dan pembalap uji KTM Red Bull Mika Kallio.




Sumber: Fox Sports TV
ARTIKEL TERKAIT