Kualifikasi Piala Dunia 2018

Kalahkan Belarusia, Belanda Jaga Peluang Lolos

Arjen Robben meluapkan kegembiraan usai menjebol gawang Bulgaria dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Amsterdam Arena, Senin, 4 september 2017. (AFP PHOTO / JOHN THYS)

Oleh: Iman Rahman Cahyadi / CAH | Minggu, 8 Oktober 2017 | 07:40 WIB

Minsk - Timnas Belanda menjaga asa untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018 setelah berhasil mengalahkan 3-1 atas Belarusia di Borisov Arena, Minggu (8/10) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Belanda secara matematis masih punya peluang finis di peringkat kedua Grup A Kualifikasi Piala Dunia zona UEFA, meski secara realisitis itu akan sangat sulit.

Untuk bisa melaju ke babak play-off Belanda wajib mengalahkan Swedia di laga terakhir kualifikasi Grup A, Rabu (11/10) dini hari WIB. Bukan hanya sekadar kemenangan, Belanda juga diwajibkan mengejar ketertinggalan selisih gol yang jaraknya mencapai 12 gol. Ini lantaran Swedia berhasil menang telak 8-0 atas Luksemburg.

Belanda harus kerja keras untuk menang di kandang Bulgaria. Mereka unggul terlebih dahulu pada menit ke-24 saat tendangan Davy Propper sukses menjebol gawang Belarusia yang dikawal Sergey Chernik.

Berawal dari umpan silang dari sisi kiri, bola kemudian Arjen Robben pantulkan ke tengah kotak penalti, Propper yang tak terkawal pun melepaskan tendangan dari jarak dekat untuk membawa Belanda unggul.

Meski dominan dalam penguasaan bola, Belanda gagal menambah keunggulan di babak pertama.

Di babak kedua, gawang Belanda harus kebobolan di menit ke-55 lewat gol Maksim Volodko setelah menerima umpan terobosan Sergei Balanovic. Tendangan mendatarnya tepat ke arah pojok kanan yang tak mampu dihalau kiper Belanda Jasper Cillessen.

Berhasil menyamakan skor, Belarusia makin percaya diri. Mereka gantian mengendalikan permainan dan mampu memberikan tekanan. Sebaliknya Belanda kesulitan mencari celah untuk mengancam gawang lawan meski terus menguasai bola.

Meski demikian, daya juang Belanda membuahkan hasil di menit 84. Ini setelah wasit menunjuk titik putih lantaran Bas Dost dijatuhkan di kotak penalti. Arjen Robben yang menjadi eksekutor sukses menyarangkan bola.

Belarusia pun kembali mencoba menyamakan kedudukan. Di penghujung laga mereka menggempur pertahanan Belanda. Mereka mendapatkan peluang emas namun masih membentur tiang, beberapa sepak pojok mereka juga sempat mengancam.

Namun Belanda menutup laga dengan gol ketiga di  masa injury time lewat tendangan bebas yang cerdik dari Memphis Depay.




Sumber: Goal
ARTIKEL TERKAIT