Preview Liga Champions

Menjamu Tottenham, Uji Konsistensi El Real

Real Madrid vs Tottenham Hotspur (Youtube)

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Selasa, 17 Oktober 2017 | 09:52 WIB

Siaran langsung, Rabu (18/10) Pukul 01.45 WIB

Madrid – Real Madrid akan menjamu Tottenham Hotspur dalam lanjutan penyisihan grup Liga Champions, Selasa (17/10) atau Rabu dini hari WIB. Partai di Stadion Santiago Bernabeu tersebut akan menjadi uji konsistensi bagi El Real. Kedua tim sama-sama bertengger di puncak klasemen setelah selalu menang dalam dua laga sebelumnya.

Pasukan Zinedine Zidane memang mengawali musim ini dengan tidak meyakinkan. Padahal mereka berstatus juara La Liga dan Liga Champions. Dalam dua dari tiga pertandingan awal La Liga, lawan Valencia dan dan Levante, mereka hanya meraih hasil imbang. Dan itu terjadi di kandang mereka. Performa buruk mereka di Bernabeu juga terulang ketika mereka dipermalukan 0-1 oleh Real Betis.

Sergio Ramos dan kawan-kawan memang meraih empat kemenangan beruntun setelah kekalahan melawan Real Betis, termasuk melawan Getafe Sabtu lalu, namun permainan Los Merengues masih jauh dari performa terbaik mereka.

Berkat tiga kemenangan beruntun di La Liga, Real Madrid kini kembali bertengger di tiga besar La Liga (setelah Barcelona dan Valencia). Namun Zidane masih punya pekerjaan rumah untuk membawa timnya tampil konsisten.

Perjalanan mereka di Liga Champions sendiri sangat mulus. Mereka mampu menundukkan klub Yunani APOEL pada matchday pertama serta menang di kandang Dortmund dalam laga penyisihan kedua Grup H.

Kini pada laga matchday ketiga, Zidane dan pasukannya harus menunjukkan bahwa mereka tetaplah Real Madrid yang bermain cantik dan meraih kemenangan. Publik Bernabeu adalah pendukung yang kritis. Mereka tak mau tim kesayangannya “hanya sekadar meraih kemenangan”.

Apalagi musim ini, Madrid tergolong seret merah kemenangan di kandang. Mereka hanya meraih dua kemenangan dari lima laga yang sudah mereka mainkan di Bernabeu. Untuk itulah, Zidane harus benar-benar menemukan formula yang pas untuk bisa meraih kemenangan sekaligus tampil memuaskan di depan para pendukungnya.

Di kubu Real Madrid, Marcelo bakal tetap menjadi pilihan utama di sisi kiri pertahanan namun Theo Hernandez bisa menjadi opsi.
Keylor Navas sempat diragukan bisa tampil dalam laga ini namun ternyata pulih dari cedera hamstring dan sangat mungkin turun sebagai starter. Ini berarti Kiko Casilla kembali harus puas duduk di bangku cadangan.

Gareth Bale dipastikan batal bereuni dengan mantan klubnya. Dia masuk daftar pemain yang harus absen akibat cedera bersama Jesus Vallejo dan Mateo Kovacic. Dani Carvajal masih bakal absen karena masih menjalani perawatan karena masalah pada jantung.

Zinedine Zidane harus menentukan antara Nacho atau Achraf Hakimi untuk mengisi sisi kanan pertahanan. Meski masih belia Hakimi tampil mengesankan dalam debutnya beberapa waktu lalu.

Tottenham masih harus turun tanpa Delle Alli yang menjalani larangan tampil ketiga atau yang terakhir dari hukuman harus absen dalam tiga pertandingan. Namun Tottenham mendapat kekuatan baru di lini belakang setelah Jan Vertonghen telah selesai menjelani hukuman absen dalam satu laga.

Kehadiran pemain Belgia ini tentu kabar gembira bagi pelatih Mauricio Pochettino, yang kemungkinan bakal tak diperkuat Danny Rose dan Ben Davies dalam lawatan ke Madrid.

Vertonghen akan menjaga lini belakang dalam formasi tiga bek bersama Toby Alderweireld dan Davindon Sanchez. Trio ini akan mengawal kiper Hugo Lloris dari gempuran para penyerang maut Real Madrid.

Pochettino sangat berharap Mousa Dembele bisa turun dalam partai Champions League. Namun Spurs dipastikan tak akan bisa menampilkan Erik Lamela dan Victor Wanyama akibat cedera. Pemain sayap Georges-Kevin Nkoudou juga pasti absen setelah bertabrakan ketika menang 1-0 atas Bournemouth.

Saat melawan Getafe akhir pekan lalu, Real Madrid harus menunggu hingga menit-menit terakhir laga untuk memastikan kemenangan 2-1 lewat gol Cristiano Ronaldo.

Musim ini, Tottenham juga tak terlalu bersinar jika bermain di kandang mereka, Stadion Wembley, musim ini. Kemenangan 1-0 atas Bournemouth Sabtu lalu adalah untuk pertama kalinya mereka sukses meraih tiga poin di markas barunya itu.

Namun sebaliknya, saat tandang, pasukan Pochettino justru berkibar. Dalam lima pertandingan di kandang lawan, mereka selalu meraih kemenangan, mencetak 15 gol dan hanya kebobolan dua gol. Ini tentunya menjadi alarm bagi Real Madrid untuk tak menyepelekan klub Inggris ini meski berstatus tim tamu di Bernabeu.

Real Madrid memang tampil perkasa dalam dua kali pertemuan terakhir mereka di Liga Champions melawan Tottenham. Pada pertemuan tahun 2011 itu, Madrid sukses meraih kemenangan agregat 5-0, menang 4-0 di Bernabeu dan 1-0 di kandang Tottenham.

Kemenangan dengan skor telak seperti enam tahun silam sepertinya tak akan terulang. Meski Tottenham tak punya tradisi bagus di Liga Champions, Madrid tak boleh meremehkan pasukan dari London ini. Jika tak memberi perhatian ekstra kepada Harry Kane, striker berusia 24 tahun ini bisa menjadi mimpi buruk, Ramos dan rekan-reakannya di lini pertahanan Madrid.

Namun Real Madrid tetaplah Real Madrid. Los Blancos memiliki DNA Liga Champions. Ronaldo berpeluang untuk kembali membuat perbedaan jika timnya mengalami kebuntuan. 

Perkiraan Susunan Pemain

Real Madrid (4-4-2)

K: Keylor Navas
B: Nacho, Sergio Ramos, Raphael Varane, Marcelo
T: Luka Modric, Toni Kroos, Casemiro, Isco
D: Karim Benzema, Cristiano Ronaldo,

Tottenham Hotspur (3-4-2-1)
K. Hugo Lloris;
B: Toby Alderweireld, Davindon Sanchez, Jan Vertonghen
T: Serge Aurier, Harry Winks, Eric Dier, Kieran Trippier;
T: Christian Eriksen, Son Hueung-Min
D: Harry Kane.

Lima Pertandingan Terakhir Real Madrid
21/09/17 La Liga Real Madrid 0-1 Real Betis
23/09/17 La Liga Deportivo Alaves 1-2 Real Madrid
27/09/17 Liga Champions Borussia Dortmund 1-3 Real Madrid
02/10/17 La Liga Real Madrid 2-0 Espanyol
14/10/17 La Liga Getafe 1-2 Real Madrid

Lima Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur
20/09/17 Piala Liga Tottenham Hotspur 1-0 Barnsley
23/09/17 Premier League West Ham United 2-3 Tottenham Hotspur
27/09/17 Liga Champions APOEL 0-3 Tottenham Hotspur
30/09/17 Premier League Huddersfield 0-4 Tottenham Hotspur
14/10/17 Premier League Tottenham Hotspur 1-0 Bournemouth

Head to Head
04/08/15 Piala Audi Real Madrid 2-0 Tottenham Hotspur
14/04/11 Liga Champions Tottenham Hotspur 0-1 Real Madrid
06/04/11 Liga Champions Real Madrid 4-0 Tottenham Hotspur




Sumber: Whoscored, UEFA
ARTIKEL TERKAIT