Gregoria Mariska Tunjung Juara Dunia

Gregoria Mariska Tunjung (istimewa)

Oleh: Bernadus Wijayaka / BW | Minggu, 22 Oktober 2017 | 18:26 WIB

Yogyakarta- Pemain tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung merebut gelar juara pada Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017.

Di final yang berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (22/10), pemain kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah, ini mengalahkan Han Yue dari Tiongkok 21-13, 13-21, 24-22.

Terakhir, juara dunia tunggal putri junior Indonesia adalah Kristin Yunita, yang juara pada 1992.

Pertarungan kedua pemain berjalan imbang. Pada game pertama dan kedua, masing-masing pemain menggapai satu kemenangan.

Pertarungan sesungguhnya, tentu saja di game ketiga. Keduanya bergantian memimpin dari awal laga. Gregoria yang sudah unggul 20-19, justru tertinggal 20-21. Lalu, kedudukan sama kuat 22-22. Angka 22 inilah perolehan terakhir Han. Saat kedudukan 23-22, pengembalian Han di sisi kiri belakang keluar lapangan, Gregoria menang 24-22. GOR Among Rogo pun bergemuruh.

“Pertarungan sungguh berat. Game ketiga saya tidak memikirkan apa-apa selain berdoa minta diberi kekuatan oleh Tuhan. Dan Puji Tuhan, saya juara,” kata Gregoria.

Menurutnya, Han bermain ulet dalam pertandingan tersebut. Berbeda ketika dia menang dua game langsung saat kejuaraan beregu. “Saya tidak boleh berpuas diri dengan hasil ini. Perjalanan saya masih sangat panjang,” kata pemain binaan klub Mutiara Bandung yang kini telah menghuni Pelatnas ini.

Han, yang kalah dalam laga puncak itu pun mengakui kehebatan Gregoria. “Permainan saya sebenarnya sudah cukup baik, tetapi inilah hasilnya. Gregoria bermain sangat bagus hari ini, dan saya sebenarnya juga bagus,” kata Han.

Indonesia menggapai dua gelar juara dunia. Satu gelar lagi diperoleh lewat ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang mengalahkan pemain Indonesia lainnya, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti 21-23, 21-15, 21-18.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT