Tandang ke Borneo, Persib Telan Kekalahan Ke-10

Tandang ke Borneo, Persib Telan Kekalahan Ke-10
Striker Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel (kanan) ( Foto: ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra )
/ JAS Rabu, 8 November 2017 | 21:29 WIB

Samarinda - Persib Bandung kembali menelan kekalahan. Itu terjadi saat "Maung Bandung" tandang ke Pusamania Borneo FC pada lanjutan kompetisi Liga 1 2017, Rabu (8/11). Dalam laga di Stadion Mulawarman, Bontang, Kalimantan Timur, Atep dan kawan-kawan menyerah 1-2.

Ini merupakan kekalahan ke-10 dalam 33 pertandingan yang sudah dimainkan Persib musim ini. Mereka masih tercecer di urutan ke-12 dengan koleksi hanya 41 poin. 

Sementara bagi Borneo kemenangan ini membuat pasukan yang dilatih Iwan Setiawan ini berada di posisi kedelapan dengan 49 poin. 

Bertanding dalam laga usiran tanpa penonton sebenarnya tim berjuluk "Pesut Etam" sempat tertekan dan hampir kecolongan oleh winger Persib, Febry Hariyadi di awal babak pertama.

Pemain muda Persib ini sempat lolos dari jebakan offside dan sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Muhammad Ridho, namun sayang, bola tendangannya masih bisa ditepis Ridho.

Borneo FC yang mengemban misi menang, gantian mengendalikan jalannya pertandingan. Kesempatan didapat Patrich Wanggai, namun tendangan kaki kanannya masih jauh di atas mistar gawang Persib.

Patrich lagi-lagi punya peluang dari sisi kiri pertahanan Persib, tapi tendangannya tak berhasil merobek gawang I Made Wirawan.

Di pengujung babak pertama, Patrich tak ingin menyiakan kesempatan emas. Bola hasil sepakan kaki kirinya langsung bersarang ke gawang Persib Bandung. Skor 1-0 untuk Borneo FC hingga wasit meniupkan peluit tanda jeda.

Di babak kedua, Borneo FC juga tak mengendorkan serangan, melalui kerjasama apik antara Sultan Samma dan Lerby Eliandry akhirnya memperbesar keunggulan Pesut Etam.

Unggul 2-0 membuat tim Persib mengejar defisit gol, tim Maung Bandung berhasil memanfaatkan kelengahan pemain Pesut Etam lewat aksi Fulgensius Billy menit 72.

Tendangan Billy menghunjam pojok kanan gawang Muhammad Ridho. Skor 2-1 untuk Persib. Hingga laga berakhir, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Borneo FC.

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan bangga dengan performa anak asuhnya. Menurutnya kunci kemenangan Pesut Etam ada pada konsentrasi penuh, terutama saat Persib mampu mempertipis ketertinggalan.

"Pertandingan tadi sangat menegangkan apalagi saat kondisi skor 2-1. Persib dominan secara mentalitas, dan kami tuntut untuk full konsentrasi dan mempertahankan kemenangan. Hati-hati satu kesalahan satu Gol," ungkapnya.

Ia menilai menghadapi Persib bukanlah perkara mudah, lantaran Maung Bandung dihuni sejumlah pemain berkualitas.

Tak hanya itu, laga Borneo FC kontra Persib selalu diselimuti gengsi sejak kedua tim bersua pada tahun 2015. Sehingga aroma gengsi ini membuat para pemain termotivasi memberikan kemenangan untuk Pusamania.

"Saya melihat Persib dihuni pemain smart dan berpengalaman. Jangan terpengaruh posisi di klasemen. Tapi alhamdulilah kita bisa meraih poin maksimal," kata Iwan.

Pada laga ini, Iwan juga tak bisa menahan ekspresinya. Usai laga, Iwan bahkan tampak berlari dan menghampiri asisten Pelatih Persib, Herry Setiawan dan mengarahkan gesture ala sniper ke arah Herry. Keduanya lantas berpelukan dan memuji kualitas pertandingan.

Sementara itu, pemain Borneo FC, Terens Puhiri memuji kerja keras timnya.

Ia juga mendedikasikan kemenangan ini untuk Pusamania yang rela menempuh perjalanan melelahkan dari Samarinda ke Bontang, guna mendukung Borneo FC dari luar stadion.

"Kemenangan tadi karena kerja keras teman semua dan taktik coach Iwan yang memberikan itu kepada pemain. Kami sudah berjuang maksimal. Ini semua untuk Pusamania," kata Terens.



Sumber: ANTARA