Tumbang di Swedia, Italia dalam Bahaya

Pemain Swedia, Jakob Johansson (kanan) melepaskan tendangan ke gawang Italia yang kemudian membuahkan gol penentu kemenangan timnya dalam laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2018, Jumat, 10 November 2017. (AFP PHOTO/Anders Wiklund)

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Sabtu, 11 November 2017 | 04:48 WIB

Stockholm - Italia menderita kekalahan 0-1 di kandang Swedia pada laga pertama babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2018, Jumat (10/11) atau Sabtu dini hari WIB. Gol yang menyebabkan juara Piala Dunia 2006 ini tumbang dilesakkan Jakob Johansson pada menit ke-61.

Hasil ini membuat Italia berada dalam bahaya dan terancam tak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak 1958. Ini untuk kedua kalinya Italia harus melewati babak play-off untuk bisa mendapatkan tiket Piala Dunia.

Pada tahun 1997, mereka juga berada dalam posisi yang sama. Saat itu Italia berhasil lolos dari adangan Rusia dengan bermain imbang 1-1 di Moscow dan menang 1-0 di Napoli.

Laga kedua play-off melawan Swedia akan digelar di Stadion San Siro pada Senin (13/11) mendatang. Pasukan Giampiero Ventura minimal harus mencetak dua gol tanpa balas jika ingin menjadi peserta di Rusia, musim panas mendatang.

Striker Valencia, Simone Zaza, tak bisa absen akibat cedera. Sementara Stephan El Shaarawy tak masuk dalam daftar 23 pemain untuk pertandingan di Stadion Friend Arena ini. Andrea Belotti pun diturunkan sebagai starter di lini depan meski kondisinya belum fit. Dalam formasi 3-5-2, penyerang Torino ini diduetkan dengan Ciro Immobile.

Saat laga baru berjalan 30 detik, striker Swedia Ola Toivonen menyikut Leonardo Bonucci di wajah, namun Marcus Berg yang diganjar kartu kuning. Swedia tampil menekan pada babak pertama ini. Mereka bermain dengan tempo cepat dan agresif.

Belotti memiliki peluang pada saat memasuki menit kelima. Dia menyambut umpan silang Matteo Darmian dengan sundulan namun melebar hanya beberapa inci dari tiang jauh.

Swedia juga nyaris mencetak gol. Sebuah tendangan mendatar yang dilepaskan Toivonen dari jarak 20 meter mengenai gawang. Sementara tendangan melengkung dan tendangan bebas Emil Forsberg tak menemui sasaran.

Italia dipastikan tak akan diperkuat Marco Verratti pada laga kedua nanti. Gelandang Paris Saint Germain ini diganjar kartu kuning setelah melakukan tackle berbahaya pada menit ke-28.

Kiper veteran Italia, Gianluigi Buffon, dipaksa bekerja keras untuk meredam upaya yang dilakukan Berg dan Toivonen.

Memasuki babak kedua, Antonio Candreva membuat situasi berbahaya bagi Swedia dua kali di awal babak pertama. Bola hasil tendangannya sempat lewat di mulut gawang. Sementara tendangan lainnya hanya lewat tipis di sudut atas gawang Robin Olsen.

Olsen juga sempat menyelamatkan gawangnya yang nyaris dijebol Marco Parolo. Pelatih Swedia, Janne Anderson harus menarik Albin Ekdal akibat cedera dan digantikan Johansson. Empat menit kemudian, pemain AEK Athens inilah yang menjebol gawang Italia dengan tendangan keras yang sempat berbelok terkena kaki Daniele De Rossi dan membuat Buffon mati langkah.

Eder kemudian dimasukkan oleh Ventura untuk mengganti Belotti. Dalam 70 menit waktu tersisa, Italia terus menekan untuk menyamakan skor. Namun hingga laga berakhir, Gli Azzurri gagal mencetak gol. 

Performa gemilang yang ditunjukkan kiper Olsen membuat Italia harus pulang dengan kekalahan. Tim juara empat Piala Dunia ini dituntut bekerja ekstrakeras pada pertemuan kedua nanti.

Susunan pemain:

Swedia: R Olsen; Krafth (Svensson 83), Granqvist, Lindelof, Augustinsson; Claesson, Ekdal (Johanssen 57), Larsson, Forsberg; Berg (Thelin 74), Toivonen

Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi, Verratti (Insigne 76), Darmian; Immobile, Belotti (Eder 65)

Wasit: Cakir (Turki)




Sumber: Football Italia
ARTIKEL TERKAIT