Tim Proliga Jakarta BNI Taplus Berambisi Kawinkan Gelar

Tim Proliga 2018 Jakarta BNI Taplus. (Suara Pembaruan/Hendro Situmorang)

Oleh: Hendro D Situmorang / HA | Jumat, 12 Januari 2018 | 22:39 WIB

Jakarta - Tim bola voli Jakarta BNI Taplus telah mengubah komposisi skuatnya untuk menghadapi Proliga 2018, dengan target juara baik putra maupun putri. Tahun lalu, mereka berada di posisi kedua.

Manajer Tim BNI Taplus Endang Hidayatullah mengatakan pihaknya menurunkan dua tim dalam kompetisi bola voli tertinggi tahun ini dengan menurunkan 29 pemain yakni 15 pemain di tim putri dan 14 pemain di tim putra.

Ia optimsitis laju timnya tahun ini lebih meyakinkan dan bakal solid karena melakukan persiapan yang cukup panjang sejak November lalu.

"Tim putra alami perubahan komposisi sebanyak 50 persen dan putri 80 persen berubah total," ujarnya pada peluncuran tim putra dan putri BNI Taplus ke Proliga 2018 di Kantor Pusat BNI 46, Jakarta, pada Jumat (12/1).

"Tentu kami berkaca pada persiapan tahun lalu yang kurang. Namun kini persiapan cukup matang karena para pemain dipusatkan di Sentul baik untuk putra maupun putri. Maka kami cukup yakin dengan tim ini."

Tidak tanggung-tanggung, pemain yang direkrut merupakan pemain papan atas seperti skuat pelatnas yang juga mantan pemain Jakarta PLN Elektrik, Yolla Yuliana, Maya Kurnia Indri, Tri Retno Mutiara, dan Komang Bumi Rekta, serta tambahan dua pemain asing dari Puerto Rico dan Bulgaria.

Untuk tim putra BNI Taplus diperkuat oleh pemain-pemain asing profesional yakni Paul Micheal Lotman (Amerika Serikat) berpengalaman di Liga Amerika dan Ruslan Shevtsov (Ukraina).

BNI juga menunjuk pelatih baru asal Tiongkok, Qiujiang Li, sebagai arsitek tim putra serta Risco Herlambang pada sektor putri. Li merupakan mantan pelatih tim nasional bola voli Indonesia pada 2007-2011.

"Tahun lalu komposisi pelatih dan pemain khususnya putra memang tidak terlalu sinkron. Saat itu kami menggunakan pelatih dari Brasil, tapi tidak bertemu chemistry-nya. Kini kami pilih dari Asia, coach Li, karena dia sudah terkoneksi dengan pemain dan terkenal akan kedisiplinannya," ungkap Endang.

"Saya juga memasukkan Loudri sebagai asisten agar bisa mentransfer kemampuan mereka kepada teman-teman, salah satunya soal kedisiplinan. Sementara Risco Herlambang (pelatih putri) dia juga merupakan pelatih timnas di SEA Games 2017, jadi kami yakin dengan dia," dia menambahkan.

Wakil Dirut BNI Herry Sidharta menambahkan dengan komposisi materi pemain dan pelatih berpengalaman tersebut, pihaknya optimistis tahun ini timnya lebih kuat dan bisa mengawinkan gelar kembali di Proliga.

"Kami harap dengan ikut kompetisi selain juara juga sportivitas. Saya berpesan sebelum peluit akhir berbunyi, jangan menyerah. Jadi walau anda tertinggal jangan pernah menyerah atau mensia-siakan kesempatan," tutup Herry.

Berikut susunan nama-nama pemain Jakarta BNI Taplus:

Putra BNI Taplus
Pelatih: Qiujiang Li
Asisten Pelatih: Loudri Maspaitela Pascal Wilmar, I Wayan Windu Segara
Pemain: Paul Micheal Lotman (Amerikal), Ruslan Shevtsov (Ukraina), I Nyoman Rudi Tirtana, Ervan Nur Hidayat, Yan bastian Basoko Bayu, Ricky Rezky, Muhammad Malizi, Abdurrachman Sidik, I Komang Suarnata, Okky Damar Saputra, I Nyoman Julianta, I Made Adhi Suartama, I Kadek Juliadi, Indra Wahyudi Harahap

Putri BNI Taplus
Pelatih: Risco Herlambang
Asisten Pelatih: Rastoni, Hali Juhali, Dicky Gunawan
Pemain: Karina Ocasio Clemente (Puerto Rico), Kremena Rumenova Kamenova (Bulgaria), Tri Retno Mutiara, Komang Bumi Rekta, Legisya Nur Asyiah, Wahida Muntaza Arifin, Dheka Asyifa Febriani, Putri Andya Agustina, Yolla Yuliana, Vina Septawati, Putri Lestari, Eris Septia Wulandari, Normalita Heriani, Maya Kurnia Indri S, Nurlaili Kusumah D.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT