Hancurkan Porto, Satu Kaki Liverpool di Perempat Final

Hancurkan Porto, Satu Kaki Liverpool di Perempat Final
Penyerang Liverpool, Sadio Mane (kanan), merayakan gol yang dicetaknya ke gawang FC Porto, Rabu, 14 Februari 2018. ( Foto: AFP Photo / Francisco Leong )
Jaja Suteja / JAS Kamis, 15 Februari 2018 | 06:00 WIB

Porto - Satu kaki Liverpool sudah berada di perempat final Liga Champions, setelah meraih kemenangan telak atas FC Porto, 5-0 dalam laga pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (14/2) atau Kamis dini hari WIB. Penyerang asal Senegal Sadio Mane tampil gemilang dengan mencetak tiga gol.

Kemenangan ini lebih istimewa bagi The Reds karena ditorehkan di kandang FC Porto, Stadion Dragao. Tim asuhan Sergio Conceicao ini pastinya bakal kesulitan bahkan bisa disebut tak memiliki peluang lagi untuk lolos.

Mereka harus menang setidaknya dengan enam gol tanpa balas saat tandang ke Stadion Anfield, pada 6 Maret mendatang. Hanya keajaiban yang bisa membawa mereka merebut tiket perempat final. Apalagi mereka akan bermain di depan pendukung Liverpool.

Mane membuka keunggulan Liverpool saat laga memasuki menit ke-25. Pemain yang digaet dari Southampton ini berhasil memanfaatkan bola yang disodorkan rekannya asal Belanda Giorginio Wijnaldum.

Empat menit kemudian, Mohamed Salah menambah keunggulan Liverpool. Gol berawal dari tendangan James Milner yang mengenai tiang gawang. Dengan cepat mantan pemain AS Roma ini menyambut bola pantulan dan memaksimalkannya menjadi gol.

Saat babak kedua memasuki menit ke-53, Mane mencetak gol kedua dalam laga di kandang tim yang kini tengah memimpin klasemen Liga Portugal itu. Roberto firmino membuka peluang dengan melepaskan tendangan keras yang tak mampu ditangkap dengan baik oleh kiper Jose Sa. Bola muntah ini kemudian langsung dimanfaatkan Mane.

Firmino membuat Liverpool memimpin 4-0 pada menit ke-69. Pemain asal Brasil ini berhasil memaksimalkan umpan yang dikirim Milner ke kotak penalti.

Mane melengkapi kehebatannya malam itu dengan gol ketiganya yang dicetak lima menit menjelang pertandingan usai. Pemain berusia 25 tahun ini mencetak hat-trick setelah melepaskan tendangan dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari Danny Ings.

Sukses ini mengantar Liverpool menorehkan kemenangan terbesar dalam pertandingan tandang di babak knock-out Liga Champions. Mereka menyamai Bayern Muenchen yang juga menang 5-0 di kandang Sporting Lisbon pada Februari 2009 dan Real Madrid di markas Schalke pada Februari 2014.



Sumber: Goal