Jelang Asian Games 2018

Anies Minta Kawasan Sekitar Wisma Atlet Kemayoran Dipercantik

Anies Minta Kawasan Sekitar Wisma Atlet Kemayoran Dipercantik
Wisma Atlet Kemayoran terus berbenah dalam menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018 ( Foto: istimewa )
Euis Rita Hartati / ERH Kamis, 17 Mei 2018 | 13:06 WIB

Jakarta – Jelang perhelatan akbar Asian Games 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar kawasan yang ada di sekitar Wisma Atlet Kemayoran dipercantik, mulai dari perumahan, gedung perkantoran, taman jalan, hingga Kali Sunter.

Menurut siaran pers yang diterima Kamis (17/5), hal tersebut dikemukakan Anies saat menyambangi Wisma Atlet Kemayoran dalam rangka melihat kesiapan pelaksanaan Asian Games 2018. Permintaan Anies ini diungkapkan setelah ia melihat langsung kawasan sekitar Kemayoran dari lantai 16 Tower 7 Wisma Atlet.

Kunjungan Anies kali ini didampingi oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran Riski Renando, Direktur Wisma Atlet (Athlete Village), Andreawan, serta Walikota Jakarta Pusat, Mangara Perdede. Rombongan gubernur juga langsung memantau Kali Sunter yang terletak di depan Wisma Atlet.

Direktur Athlete Village, Andreawan, menyatakan akan memperindah jalur pinggir sungai dengan tanaman merambat di pagar Kali Sunter, sehingga akan mempercantik pemandangan dan menutup penglihatan langsung ke arah pemukiman warga yang berada di seberang kali. Gubernur meminta agar pagar yang akan menutupi kawasan di seberang kali serta pengecatan kawasan sekitar Wisma Atlet dapat segera diselesaikan. “Pagar yang nanti ditanami pohon rambat maupun pengecatan, sebaiknya dapat dirampungkan pada akhir Juni mendatang,” ujar Anies.

Menanggapi harapan tersebut Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Kemayoran, Riski Renando, mengungkapkan PPK Kemayoran mendukung penuh upaya mempercantik kawasan Wisma Atlet dengan merapikan beberapa taman yang di sekitarnya.

”Untuk PPK Kemayoran, kami akan merapikan taman yang terletak di depan Tower 1. Kami akan pasangi pagar BRC serta merapikan tanaman yang sudah merambat ke badan jalan. Selain itu taman di area green belt pun akan dirapikan,” kata Direktur Perencanaan dan Pembangunan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran, Riski Renando.

Pada akhir kunjungannya ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menelusuri dan memantau secara detail jalan utama dan kondisi sekeliling Wisma Atlet Kemayoran dengan menggunakan bus. Adapun untuk mengantisipasi kemacetan ruas jalan yang dilalui atlet Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek memberlakukan ganjil genap dan penutupan jalan tol.

Terkait dengan pengelolaan transportasi. Transjakarta, nanti akan menyiapkan 1.500 bus yang mengasilitasi bagi warga untuk bisa mengikuti asian games dari dekat tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi.

Tiga bulan menjelang pesta olahraga Asia membuat Indonesia berupaya menyempurnakan persiapan menuju Asian Games 2018. Pembangunan fasilitas penunjang seperti sarana dan prasarana pun terus ditingkatkan. Salah satunya adalah Wisma Atlet Kemayoran yang akan menampung ribuan atlet dan official dari berbagai Negara di Asia.

Meski telah rampung sejak bulan Desember 2017 namun pemerintah Indonesia tak henti memberikan perhatian ekstra untuk penyempurnaan Wisma Atlet.



Sumber: PR