Memori Inggris di Semifinal Piala Dunia 1990: Adu Penalti dan Tangisan Gascoigne

Memori Inggris di Semifinal Piala Dunia 1990: Adu Penalti dan Tangisan Gascoigne
Paul Gascoigne menangis usai Inggris dihentikan Jerman Barat lewat adu penalti di semifinal Piala Dunia 1990. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 11 Juli 2018 | 09:14 WIB

Lolosnya Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 terbilang cukup mengejutkan. Kedatangan pasukan Gareth Southgate ke Rusia bukanlah sebagai tim unggulan.

Bermateri banyak pemain muda, ditambah pengalaman buruk Inggris disetiap turnamen besar menjadi salah satu alasannya. Namun semua prediksi itu dimentahkan Jordan Henderson dan kawan-kawan yang sukses mencapai semifinal.

Ini menjadi semifinal pertama yang dicapai The Three Lions di Piala Dunia. Anda ingat kapan terakhir kali mereka lolos ke semifinal Piala Dunia? Jawabannya di tahun 1990 atau sekitar 28 tahun lalu.

Ini artinya kebanyakan dari pemain squad Inggris saat ini baru lahir ketika itu.

Ada begitu banyak memori dari laga semifinal memilukan ketika itu yang digelar pada hari Rabu. Diantaranya drama adu penalti dan momen ketika Paul Gascoigne menangis.

Ketika itu lagu resmi Piala Dunia Tim Inggris adalah New Order World in Motion. Video Klip lagu tersebut menampilkan cuplikan pertandingan timnas Inggris, termasuk John Barnes turut mengisi lagu tersebut dengan nge-rap.

Jerman menjadi dua negara terakhir yang menjadi lawan Inggris di semifinal. Bahkan ketika itu Kroasia, yang menjadi lawan di semifinal Piala Dunia 2018 ini belumlah berdiri.

Ketika itu di semifinal Inggris harus menghadapi Jerman yang masih bernama Jerman Barat pada laga yang digelar Rabu malam di Roma. Bintang Inggris saat itu adalah Gascoigne.

Paul Gascoigne tak kuasa menahan kesedihan setelah Inggris dikalahkan Jerman Barat dalam adu penalti di semifinal Piala Dunia 1990.

Sialnya setelah membantu Inggris ke semifinal, Gascoigne mengalami malam yang buruk. Saat skor akhir 1-1 selama 90 menit dan ketika lutut para pemain seakan sudah berat untuk diayunkan, Gazza (panggilan Gascoigne) harus mendapat kartu kuning karena tekel yang dilakukannya di babak tambahan. Ini menjadi kartu kuning kedua yang didapatnya di turnamen tersebut.

Situasinya menjadi pelik. Sekalipun Inggris ke final, Gazza dipastikan akan absen karena akumulasi.

Akhirnya Inggris kalah dalam adu penalti. Gary Lineker, Beardsley dan David Platt berhasil menyarangkan bola, tetapi sial buat Stuart Pearce dan Chris Waddle yang gagal.

Dan, Gascoigne pun tak kuasa menahan tangisan usai pertandingan. Meski setelah itu dia tidak tahu apa yang akan terjadi kalau itu menjadi terakhir kalinya dia bermain di piala dunia.

Namun, kutukan tahun 1990 itu sepertinya sudah dihapus pasukan Southgate. Setelah finis sebagai runner up grup, Inggris berhasil menyingkirkan Kolombia di 16 besar lewat kemenangan 3-4 adu penalti.

Setelah itu secara meyakinkan Inggris melangkah ke semifinal berkat kemenangan 2-0 atas Swedia. Kini, mampukan Inggris tampil lebih baik dibanding pencapaian terbaik mereka terakhir di tahun 1990?



Sumber: BBC