Venue Equestrian Siap untuk Asian Games 2018

Venue Equestrian Siap untuk Asian Games 2018
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman menunggang kuda saat meninjau venue equistrian atau Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (14/7/2018) pagi. ( Foto: istimewa )
Carlos Roy Fajarta / Lenny Tristia Tambun / BW Sabtu, 14 Juli 2018 | 12:18 WIB

Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman meninjau venue equestrian atau Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (14/7) pagi. Venue ini dinyatakan siap menggelar Asian Games.

Begitu sampai di lokasi, keduanya menuju area cabang berkuda dan mendengarkan pemaparan dari petugas mengenai komposisi area pacuan kuda. Pasir yang dipakai di lintasan merupakan campuran dari pasir Bangka dan fabric dari Jerman. "Ini gila ya, sampai (impor) dari Jerman ya," kata Sandiaga.

Sandiaga dan Amran kemudian menjajal arena berkuda. Mentan menaiki kuda berwarna putih, sedangkan Sandiaga memilih kuda berwarna cokelat.

"Ini keringatan bukan karena olahraga tapi karena takut," ujar Amran dengan mimik bercanda sembari menunggangi kuda.

"Bukan cuma Pak Jokowi dan Pak Prabowo saja nih (yang naik kuda). Pak Mentan juga," timpal Sandiaga.

Sandiaga mengitari arena pertandingan dengan didampingi petugas. Kemudian Wagub DKI itu melanjutkan kegiatan dengan menanam pohon di area venue dan melepaskan ikan ke kolam.

"Hari ini kita tes kesiapan dari Jakarta Equestrian Park yang akan menjadi venue dari kegiatan equestrian selama Asian Games. Dan alhamdulillah berkat semua kerja sama, Pulo Mas Jaya, pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh lapisan masyarakat. Saya nyatakan hari ini Jakarta Equestrian Park is ready for Asian Games. Atlet juga sudah banyak berlatih. Bahkan kita juga mencoba sendiri bersama beberapa atlet," kata Sandiaga.


Kawasan equestrian ini juga lengkap dengan sarana berlatih dan bertanding serta sarana lainnya. Venue ini terintegrasi dengan lingkungan sekitar. Pasca-Asian Games, sarana yang ada nantinya dapat dinikmati sebagai penunjang kegiatan masyarakat.
Seusai menaiki kuda, Wagub juga secara simbolis menanam pohon dan menebar bibit ikan di waduk sisi timur venue equestrian. Pihaknya berjanji akan menanam kembali sejumlah pohon agar kawasan ini lebih sejuk lagi.



Sumber: Suara Pembaruan