Ilustrasi balapan road race. (Antara/Ari Bowo)
"Saya selalu fokus di setiap kejuaraan yang saya ikuti, meski hanya sebagai ajang pemanasan untuk PON. Semoga target juara bisa kami raih."

Pembalap motor asal Kalimantan Timur Fitriansyah Kete dan Rimonax Fernandus mengincar gelar juara di Kejuaraan Indoprix 2012 yang telah menyelesaikan dua dari lima seri pada musim balap 2012.

"Saya selalu fokus di setiap kejuaraan yang saya ikuti, meski hanya sebagai ajang pemanasan untuk PON. Semoga target juara bisa kami raih," ujar Kete di Samarinda, hari ini.

Pada seri II yang digelar di Sirkuit Park Kenjeran Surabaya 27 Mei lalu, Kete finish di tempat kedua kelas MP 1 (bebek 4 tak tune up 125 cc).

Untuk kelas MP 2 (bebek 4 tak 110 cc), Kete saat ini berada di urutan 10. Sedangkan di kelas MP1, Kete berada di peringkat 4.

Ajang Indoprix menjadi pemanasan bagi pembalap Kaltim untuk mempersiapkan diri ke PON hal itu dibuktikan dengan mayoritas pembalap yang turun di Indoprix merupakan pembalap yang juga bakal bertanding di PON.

"Semua skill pembalap sama saja, tergantung motor dan faktor lucky saja di pertandingan," terangnya.

Berbeda dengan Kete dan Rimonax dua pembalap yang tergabung di tim PON Kaltim yakni Chandra Bulang dan Rudi Salim mengasah kemampuan di kejuaraan daerah (kejurda).

Keduanya akan turun di Kejurda Seri II 2-3 Juni lusa di Bontang.

Menurut Pelatih tim balap motor Kaltim M Ilyas kejurda tersebut sekaligus pemanasan bagi Chandra Bulang dan Rudi Salim.

"Selain latihan biasa, anak-anak memang harus mengikuti kejurda untuk pemanasan. Tetapi tujuan akhir semuanya memang di PON," ujar Ilyas.

Ilyas mengatakan, tim Kaltim sama sekali belum mengetahui karakter sirkuit di Riau. Kendati demikian, melihat prestasi pembalap Kaltim di Indoprix, Ilyas yakin pembalap Kaltim tak bisa diremehkan di kejuaraan nasional.

Penulis: