Sejarah Baru: Mobil Hybrid Menang di Le Mans

Sejarah  Baru: Mobil Hybrid Menang di Le Mans
Mobil Audi hybrid menjuarai balapan 24 jam di Le Mans. ( Foto: Istimewa )
Senin, 18 Juni 2012 | 00:23 WIB
Audi menguasai podium 1-2-3 tepat di balapan ke-80 di Le Mans.

Tim Audi membuat sejarah baru setelah mobil mereka menjadi mobil bertehnologi hybrid pertama yang memenangi lomba balap dan ketahanan mobil 24 jam di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu (17/6).

Di tahun ke-80 balapan legendaris itu, tim #1 beranggotakan Andre Lotterer, Benoit Treluyer dan Marcel Fassler berhasil mengulangi kemenangan mereka di ajang yang sama tahun lalu, waktu masih menggunakan mobil konvensional.

Kemenangan ini memang sudah diprediksi setelah mobil pabrikan Jerman itu menguasai babak kualifikasi ditambah tim Toyota TS030 belum cukup siap dengan mobil baru mereka, namun jalannya balapan yang berisi campuran mobil konvensional, disel dan hybrid tetap tidak mudah.

Toyota tetap bisa tampil melebihi perkiraan dan Audi membolehkan para pembalapnya berjuang habis-habisan dalam lomba itu. Lomba ini yang pertama bagi Toyota sejak absen dari Le Mans pada 1999.

Pembalap Toyota asal Inggris, Anthony Davidson, mengalami tabrakan cukup hebat dengan salah satu mobil Ferrari dan menderita retak tulang belakang.

Tim  #1 Audi relatif tidak mengalami banyak masalah di jam-jam awal, sedangkan tim #2 harus berhenti di pit untuk membersihkan banyak serpihan karet yang menumpuk dan mengganggu suspensi.

Hal itu membuat mobil-mobil Toyota yang kencang berhadapan langsung dengan tim #1 Audi, dan menjelang jam ke-5 pembalapnya Nicolas Lapierre melaju berdampingan dengan pimpinan lomba dari Audi, Treluyer, dan mampu unggul.

Sayangnya kemudian mobil Toyota tim #8 TS030 yang dikendalikan Davidson bertabrakan dengan mobil AF Corse Ferrari GTE Am yang dikemudikan Piergiuseppe Perazzini, memaksa safety car keluar cukup lama.

Dalam momen itu, Toyota kehilangan posisi terdepan usai pitstop dan pembalapnya Kazuki Nakajima bertabrakan dengan mobil tim DeltaWing, sehingga mobil harus kembali ke garasi untuk perbaikan. Sebelum paruh pertama balapan, mesin Toyota rusak.

Pesaing berikutnya datang dari mobil tim #2 sesama Audi, terutama setelah mobil #1 yang dikemudikan Fassler melintir dan menabrak pembatas menjelang subuh. Kerusakan bisa diperbaiki di pemberhentian terjadwal dan bisa membawa #1 kembali memimpin – lalu Fassler mengalami insiden dengan #74 mobil Corvette, sehingga persaingan kembali ketat.

Namun akhirnya Audi #2 Audi mengalami kecelakaan saat dibawa Allan McNish, melintir ke pembatas hanya dua jam sebelum finis saat mencoba mendahului salah satu mobil GTE Ferrari.

Pembalap #2 lainnya, Tom Kristensen dan Dindo Capello, mampu mempertahankan posisi kedua sedangkan Audi #1 tak terhentikan lagi finis terdepan.

Tim #4 Audi yang beranggotakan Oliver Jarvis, Marco Bonanomi dan Mike Rockenfeller melengkapi posisi ketiga, terpaut tiga lap jaraknya dari sang juara.

Tim #12 Rebellion Lola-Toyota beranggotakan Neel Jani, pembalap veteran Formula1 Nick Heidfeld dan Nicolas Prost berada di tempat keempat, disusul Audi #3 di tempat kelima. Tim JRM berada di tempat keenam bersama pembalap Peter Dumbreck, Karun Chandhok dan David Brabham.

Mobil hybrid digerakkan secara bergantian oleh mesin bensin dan tenaga baterei, yang bertujuan untuk lebih menghemat penggunaan bahan bakar minyak.


CLOSE