Casey Stoner bersiap mencoba motor Honda dalam ujicoba di Mugello, Italia, 16 Juli 2012.
Motor yang akan dipakai Pedrosa sebetulnya purwarupa untuk musim 2013 nanti.

Berkaca dari hasil tes di Mugello, Italia, tim Honda akhirnya memutuskan membawa hasil pengembangan motor paling akhir ke Grand Prix Amerika Serikat di Laguna Seca, akhir pekan ini.

Menuruti keinginan pembalapnya, yang memberi penilaian berbeda atas versi baru motor RC213V,  Dani Pedrosa akan menggunakan motor yang sama sekali baru sedangkan Casey Stoner memakai mesin baru tapi di atas rangka yang lama.

Perombakan besar-besaran itu dilakukan Honda karena mereka berdua terus mengalami masalah getaran yang membuat rival utama Jorge Lorenzo dari Yamaha mampu menguasai puncak klasemen.

Motor yang digunakan Pedrosa sebetulnya adalah purwarupa untuk musim 2013.

Meskipun masalah tehnis tidak sepenuhnya dapat dieleminir, Pedrosa menganggapnya sebagai satu kemajuan baik pada mesin maupun casis, sedangkan juara dunia Stoner suka mesinnya namun tidak terkesan dengan casisnya.

"Aku tak sabar untuk membalap di Laguna Seca,” kata Pedrosa seperti dilansir Crash.net.

“Atmosfer di sana fantastis dengan trek yang sangat khusus, berbeda dengan yang ada di Eropa. Laguna sangat sempit, bergelombang dan tehnis. Tahun lalu balapan di sana sulit buatku karena aku kurang fit, jadi aku ingin menikmati balapan di sana lagi seperti yang dulu-dulu,” kata pembalap Spanyol itu yang sekarang di posisi dua klasemen, terpaut 19 poin dari Lorenzo.

Stoner sendiri akan berjuang memangkas jarak dari Pedrosa dan Lorenzo setelah beberapa kali membuat kesalahan yang membuatnya terlempar ke posisi tiga, dengan jarak 37 poin dari si pembalap Yamaha.

"Aku selalu menantikan balapan di Laguna, sirkuit yang kerap memberi hasil bagus dan dengan atmosfer yang fantastis,” kata Stoner yang menang di sana bersama Ducati pada 2007 dan  di atas motor Honda pada 2011.

Penulis: