Ilustrasi--Olimpiade Catur 2012 di Turki
Medina dan kawan-kawan membuat Yunani yang berada di peringkat ke-18 dunia itu tak berkutik.

Tim Putri Catur Indonesia membuat sejarah Olimpiade Catur 2012 dengan menjuarai Grup C pada ajang catur dunia itu di Istambul, Turki, setelah pada babak terakhir 11, mampu mengalahkan Yunani 3-1.

Dalam rilis PB Percasi, Minggu (9/9), Medina dan kawan-kawan membuat Yunani yang berada di peringkat ke-18 dunia itu tak berkutik.
 
Meski sejak awal terus mendapat tekanan dari IM Yelena Dembo (2457), WFM Medina Warda Aulia (2218) dengan tenang meladeni pemain Yunani yang selama bertanding di arena Olimpiade ini tercatat tak pernah kalah itu. Di luar dugaan Medina berhasil mengungguli Yelena dengan langkah-langkah yang sulit diduga.

Begitu juga dengan WIM Chelsie Monica Sihite (2162) yang tak mau kalah, bermain dengan cemerlang untuk mengalahkan WGM Anna Maria Botsari (2336).

Partai yang cukup menegangkan adalah saat WFM Dewi AA Citra (2143) yang sudah dalam posisi unggul terus mendapat perlawanan dari WIM Ekaterini Fakhiridou (2215), sehingga pertandingan pun berjalan alot. Namun akhirnya Medina berhasil menyumbangkan 1poin kemenangan juga bagi Indonesia.

Satu-satunya partai yang terlepas adalah saat Ummi Fisabilillah kalah dari pemain berelo rating 2237, Ekaterini Pavlidou, yang memang di atas kertas kemampuannya jauh di atas Ummi.

Dengan hasil juara grup ini maka Indonesia posisi peringkat dunia naik dari 54 menjadi 30 besar dunia.

Penulis: