Perenang Jawa Barat Ressa Kania Dewi meninggalkan lawan-lawannya pada final nomor gaya kupu kupu 100 meter putri di stadion aquatik, Komplek Olahraga Rumbai, Riau, Rabu (12/9). Ressa mendapatkan emas PON XVIII/2012 Riau dengan catatan waktu 1 menit 03, 36 detik. (Antara)
Dari penghitungan yang dilakukan kontingen Jawa Barat, hingga 12.45 WIB Kamis (13/9), mereka masih memimpin perolehan medali sebanyak 32 emas, 23 perak dan 27 perunggu.

"Hingga saat ini, Kamis (13/9) Jabar sudah mendulang 82 medali, yakni 32 medali emas, 23 perak dan 27 medali perunggu," kata Sekretaris Kontingen PON XVIII/2012 Jawa Barat, Ny Lili Rolina.

Menurut Lili, Kontingen Jawa Barat melakukan penghitungan perolehan medali dengan mengerahkan Tim Khusus IT yang ditempatkan di Posko Kontingen Jabar di Jalan Furaya Kota Pekanbaru.

Tim IT mempunyai jaringan atau pelaporan hasil perolehan medali lengkap dari tiap cabang olahraga yang melaporkan langsung.

"Penghitungan medali lengkap, tidak hanya medali yang diraih Jawa Barat tapi juga yang diraih daerah lain. Sehingga hasilnya sangat valid dan bisa menjadi acuan," kata Lili Rolina.

Secara khusus, untuk perolehan medali, Kontingen Jawa Barat membuka website khusus yang bisa diakses oleh seluruh Kontingen PON XVIII Jawa Barat yang memampang secara jelas raihan medali Jabar, dan kontingen Daerah lain.

"Setiap cabor wajib melaporkan perolehan medalinya secara lengkap ke Posko, tidak hanya untuk Jabar tapi juga yang diraih daerah lain," katanya.

Sehingga dengan adanya pemberitaan dan perolehan medali emas Jabar di media massa yang jauh dari jumlah yang ada di tabel perolehan medali Jawa Barat, Lili menyatakan sangat menyayangkannya.

"Jelas itu merugikan bagi atlet Jawa Barat," kata Lili.

Sementara itu perkembangan terakhir, Kontingen Jawa Barat pada Kamis meraih dua medali emas, salah satunya dipersembahkan oleh tim Tarung Drajat.

Trend perolehan medali emas Jabar kata , Lili terus positif dari hari ke hari, setiap cabang olahraga yang mengikuti final menyumbangkan medali emas.

"Perolehan medali emas Jabar sejauh ini masih di jalur yang positif, mudah-mudahan saja berlangsung terus," kata Lili Rolina menambahkan.

Penulis: