Sejumlah pebalap sepeda meilntasi kelok 21 di jalan mendaki pada Etape IV Tour de Singkarak  2012 di kawasan Kelok 44, Agam, Sumatera Barat. FOTO: Afriadi Hikmal/JAKARTA GLOBE
Tiap peserta yang bisa menempuh jarak 400 km dalam waktu kurang dari 13,5 jam akan dicatat dalam rekor Audax Randonner Indonesia

Sebanyak 226 pesepeda dari dalam dan luar negeri ambil bagian dalam ajang West Sumatera Audax (WSA) 2012. Perwakilan Indonesian Audax Randonneur, Murdago, Sabtu (6/10), mengatakan sejumlah pesepeda mancanegara itu antara lain berasal dari Malaysia, Italia, dan Australia.

Ajang yang menggabungkan antara balap sepeda dan fun bike itu akan menempuh jarak 400 kilometer dan berlangsung 6 hingga 7 Oktober mendatang.

Di hari pertama penyelenggaraanya para peserta meninggalkan Padang, ibu kota Sumbar menunju Bukittinggi, dan melewati sejumlah objek wisata seperti "Kelok 44". Dalam rute itu para pesepeda juga melewati Padang Pariaman, Lubuk Basung.

Selain itu, Murdago menjelaskan, tiap peserta yang bisa menempuh jarak 400 km dalam waktu kurang dari 13,5 jam akan dicatat dalam rekor Audax Randonner Indonesia.

Kelok 44, yang juga menjadi rute dalam Tour de Singkarak 2012, merupakan jalur yang paling menantang dalam ajang itu.

Pada hari kedua para peserta balap akan melewati rute Istana Pagaruyung - Sawahlunto - Danau Kembar, dan kembali lagi ke Padang.

Sebelumnya ajang Indonesian Audax Randonneur digelar di Bali, Solo, dan Lombok.

Penulis: