Logo PB Percasi.
Kendati hanya menduduki peringkat 27, GM Susanto Megaranto menjadi pecatur Indonesia terbaik di Turnamen Catur Indonesia Terbuka (IOCC) 2012.

GM Susanto Megaranto menjadi pecatur nasional terbaik dalam Turnamen Catur Indonesia Terbuka (IOCC) 2012, sedangkan Medina Warda Aulia gagal memperoleh norma ketiga untuk menjadi Grand Master Wanita (WGM), Rabu (17/10) malam.

"Saya yakin turnamen memberi pengalaman dan motivasi berjuang lebih baik meski Indonesia tidak berhasil meraih prestasi tertinggi. Apalagi kejuaraan diikuti grand master kelas dunia" kata Ketua Umum PB Percasi, Hashim Djojohadikusumo di Jakarta.

Pemain putra Indonesia GM Susanto Megaranto menjadi yang terbaik di antara pecatur Indonesia lainnya meski hanya dapat menduduki peringkat 27 IOCC 2012 dengan poin 5,5.

"Saya hanya berusaha bermain baik dan saya akan berjuang lebih baik di turnamen selanjutnya," kata Susanto.

Sedangkan GMW Irene Kharisma Sukandar dari Indonesia meraih poin 4 dan menempati peringkat 63. Pencapaian tertinggi dibanding pecatur putri Indonesia lainnya.

Nasib kurang beruntung juga didapat Medina Warda Aulia dan Chelsie Monica Sihite.

Medina gagal meraih norma GM ke-3 melalui turnamen ini. Dia hanya menduduki peringkat 67 dengan mengumpulkan 4 poin.

Sedangkan Chelsie yang sempat berhadapan dengan Medina berada di peringkat 64.

"Mudah-mudahan di turnamen internasional berikutnya, Medina bisa memperbaiki prestasinya dan segera menambah norma gelar GMW-nya. Sehingga IOCC ini bermanfaat sebagai pemanasan dan evaluasi bagi Medina" kata Kepala Bidang Pembinaan PB Percasi Kristianus Liem.

IOCC 2012 menyediakan total hadiah 55 ribu dolar Amerika. Turnamen itu mencatatkan pecatur Yu Yanyi dari China menjadi pemuncak dengan 7,5 poin.

Selanjutnya posisi kedua direbut Li Chao dari China yang merupakan juara IOCC 2011 dengan 7,5 poin. Sedangkan posisi ketiga diraih Surya Sekhar Ganguly, runner up IOCC tahun lalu, dari India dengan 6,5 poin.

Penulis: