PON Riau XVIII. (ponriau2012.com)
Para insan olahraga di Bali berkeinginan daerah pariwisata Pulau Dewata menjadi tuan rumah perhelatan akbar Pekan Olahraga nasional (PON).

"KONI Bali menampung aspirasi para insan olahraga sebagai dasar dukungan kepada pemerintah setempat untuk menjadi tuan rumah PON," kata Ketua Umum KONI Bali Drs Made Nariana di Denpasar, hari ini, Rabu (24/10).

"Para atlet maupun pelatih dan pembina olahraga di nusantara sudah dapat dipastikan senang bisa bertanding di Bali dan mereka (insan olahraga nusantara) sejak dulu berniat agar daerah ini menjadi tuan rumah PON," imbuh Nariana.

Untuk menyambut para insan olahraga nasional, pengurus KONI Bali akan merekomendasikan kepada pemerintah yakni gubernur dan DPRD menyetujui agar daerah ini siap menjadi tuan rumah PON di masa mendatang.

"Yang penting ada kesanggupan dari Pemerintah Bali menjadi tuan rumah PON, kapan pun tidak masalah," kata Nariana, sambil menyebutkan ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh daerah yang menjadi tuan rumah PON itu.

Hal itu adalah sumber daya manusia (SDM) yang memadai, baik kualitas maupun kuantitasnya sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada atlet dan anggota kontingen yang datang dari daerah penjuru kota di Indonesia.

Selain itu, venues tempat bertanding bagi atlet dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan sudah harus siap untuk digunakan mulai awal pembukaannya termasuk asrama tempat penampungan atlet dalam kondisi yang memadai dan siap pakai.

Selain itu masalah keamanan dan kenyamanan atlet yang bakal bertanding perlu mendapat perhatian utama, sehingga mampu memunculkan atlet-atlet tangguh yang berprestasi di perhelatan olahraga empat tahunan itu.

"Bali adalah sebuah pulau yang sempit sehingga mudah dijangkau, dan atlet dan keluarganya dapat dipastikan akan datang ke Bali, selain untuk bertanding juga melakukan perjalanan wisata, siapa tidak kepingin datang ke Bali," ujar Nariana.

Untuk menyambut aspirasi insan olahraga di nusantara, Pemerintah Provinsi Bali harus berani mengambil langkah dan siap menjadi tuan rumah PON pada kesempatan mendatang dan bila perlu tahun 2020 setelah PON di Jawa Barat 2016.

Penulis: