Ilustrasi Downhill
Total ada 200 peserta dari berbagai negara.

Sekitar 200 pembalap sepeda lokal maupun asing akan bersaing dalam kejuaraan MTB cabang Downhill, Asia Pacific Downhill Challenge di Cikole, gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat, 17-18 November.

"Sejumlah pembalap asing dari Asia, Australia, dan Eropa bakal ambil bagian dalam kejuaraan ini. Mereka akan bersaing dengan pembalap Indonesia," kata Direktur Marketing PT Terang Dunia Internusa, United Bike Andrew Mulyadi.

Perhelatan besar dalam rangka 6th Annual Bicycle Day, United Bike bekerja sama dengan Specialized ini menjadi yang keempat kalinya digelar setelah Gunung Pinang, Cilegon (2009), Songgoriti, Batu, Malang (2010) dan Sebex Bike Park, Sentul (2011).

Kali ini, beberapa pembalap downhill kelas dunia juga mengikuti ajang ini, seperti Mitch Ropelato (Specialized), Gee Atherton & Marc Beaumont (Shimano GT), Brendan Fairclough (funn), dan Neko Mulally (Treknology).

"Total ada 200 peserta dari berbagai negara Asia Pasifik yang akan bersaing dengan tuan rumah Indonesia. Di antaranya berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, Australia, dan juga beberapa negara Eropa, seperti Prancis dan Inggris." ujarnya.

Balapan ini akan menempuh lintasan sepanjang kurang lebih 1,7 km, yang sudah dirancang khusus untuk membuktikan bahwa Indonesia juga memiliki lintasan yang menantang walaupun elevasinya tidak terlalu tinggi.

Penulis: